Kapan Komet Halley akan Muncul Lagi?

Kamu mungkin pernah membaca nama Komet Halley di buku-buku pelajaran sekolah. Terkahir muncul pada tahun 1989, kapan kemunculan sang komet selanjutnya?
Ilustrasi. Kredit: Riza/InfoAstronomy.org

Info Astronomy - Pada tahun 1705, seorang astronom Inggris Edmond Halley menerbitkan katalog pertamanya yang berisi data orbit 24 komet. Dalam katalog tersebut, terdapat sebuah komet yang pernah beberapa kali diamati pada tahun 1531, 1607, dan 1682. Inilah komet yang pada akhirnya dinamai Komet Halley.

Menurut perhitungan Edmund, komet Halley mengitari Matahari sekali setiap 76 tahun. Ketika ia mempublikasikan katalognya, Edmund sempat memperkirakan komet itu akan kembali terlihat pada tahun 1758.

Sayangnya, Edmund tutup usia pada tahun 1742, sehingga tidak sempat melihat sang komet yang memang benar saja terlihat pada akhir tahun 1758, yang lalu mencapai perihelion (jarak terdekat dengan Matahari) di bulan Maret tahun 1759. Komet itu langsung diberi nama "Halley", hingga saat artikel ini ditulis.

Komet Halley merupakan komet periodik. Itu artinya, ia mengitari Matahari pada jalur tertentu sehingga akan kembali terlihat dalam jangka waktu tertentu.

Sejarah Kemunculan

Sejak saat itu, komet Halley kemudian sangat sering diteliti dan dihitung. Bahkan menurut catatan sejarah, komet ini pernah diamati di Yunani antara tahun 465 dan 466 SM. Ada pula catatan astronomi Tiongkok yang menyatakan melihat komet pada tahun 240 SM, yang mana data orbitnya mirip dengan komet Halley.

Catatan sejarah lain mengatakan bahwa komet Halley pernah muncul pada 10 April 837, pada jarak hanya 0,04 AU dari Bumi (1 AU = 150 juta km). Kala itu, Halley menjadi komet besar yang terang yang terlihat enam bulan sebelum Penaklukan Norman dari Inggris pada tahun 1066.

Selanjutnya, kemunculan Halley pada tahun 1301 mungkin telah mengilhami bentuk Bintang Betlehem yang dilukis Giotto, pelukis Italia, dalam karyanya "The Adoration of the Magi".

Dari catatan-catatan kemunculan ini, diketahuilah bahwa komet Halley muncul setiap rata-rata 76 tahun sekali. Walau begitu, pengaruh gravitasi planet-planet tata surya terhadap orbit komet ini telah menyebabkan periode orbit Halley bervariasi dari 74,5 hingga 79 tahun dari waktu ke waktu.

Pengamatan di Era Modern

Terakhir kali komet Halley teramati di langit Bumi adalah pada tahun 1986. Sudah lahir dan besarkah kamu saat itu? Apakah kamu sempat melihat komet ini?

Kemunculan di tahun 1986 merupakan kemunculan pertama Halley di era modern. Kala itu, para astronom berbondong-bondong mengamati komet Halley. Bahkan ketika jarak komet ini masih jauh, sekitar 1,65 miliar kilometer dari Matahari, komet ini sudah berhasil diamati oleh Teleskop Hale selebar 200 inci di Palomar Observatory, California, pada 16 Oktober 1982.

Tepat pada 10 April 1989, komet Halley mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi, yakni pada jarak sekitar 0,417 AU (62 juta kilometer).

Tak mau melewatkan momen langka itu, lima wahana antariksa diluncurkan untuk terbang lintas dekat melewati komet Halley pada bulan Maret 1986. Mereka adalah dua wahana antariksa Jepang (Sakigake dan Suisei), dua wahana antariksa Soviet (Vega 1 dan Vega 2), dan satu wahana antariksa milik Agensi Antariksa Eropa (Giotto).

Kapan Muncul Lagi?

Menurut informasi dari Departemen Astronomi dan Fisika Universitas Michigan, AS, komet Halley akan kembali ke tata surya bagian dalam, lalu melintasi Bumi, pada tahun 2061 mendatang, atau sekitar 43 tahun lagi.

Menariknya, komet Halley di tahun 2061 nanti akan tampak cukup terang, bahkan bisa mencapai magnitudo -0,3. Nantinya, jarak terdekat komet Halley dengan Bumi akan dicapai pada tanggal 29 Juli 2061, jaraknya akan hanya sekitar 0,477 AU.

Di tahun 2061 mendatang, komet Halley akan muncul di langit timur saat pagi selama bulan Juni-Juli, lalu akan berpindah muncul di langit barat selama bulan Juli-Agustus. Hemm, masih lama sih, tapi tidak ada salahnya bersiap-siap, kan?

Kamu bisa baca kiat-kiat observasi komet Halley di tautan ini (PDF.).

Jadi, walaupun mungkin kamu saat ini tidak berulang tahun, kami ingin mengucapkan: semoga panjang umur! Semoga sehat selalu sehingga bisa melihat komet Halley pada tahun 2061 mendatang. Mari menanti kedatangannya~