Bersiap Mengamati Hujan Meteor Delta Akuarid 2018

Delta Akuarid 2018. Kredit: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Terjadi berbarengan dengan peristiwa gerhana Bulan total, akankah hujan meteor Delta Akuarid tahun ini menemani gerhana, atau justru terganggu karena silau cahaya Bulannya?

Hujan meteor Delta Akuarid sebenarnya terjadi pada rentang tanggal sekitar 12 Juli hingga 23 Agustus setiap tahun. Pada tahun 2018 ini, ada Bulan purnama yang diperkirakan akan meredupkan kenampakan meteor-meteor Delta Akuarid yang mencapai puncaknya pada 27-29 Juli 2018.

Tapi, rupanya kita tidak perlu khawatir. Sebab, Delta Akuarid berbeda dengan hujan meteor lainnya yang ketika mencapai puncak, intensitasnya akan bertambah secara signifikan. Jumlah kemunculan meteor pada hujan meteor Delta Akuarid bisa dibilang stabil, dan bahkan bisa terus diamati hingga puncak hujan meteor Perseid yang puncaknya terjadi pada 11-12 Agustus 2018.

Jadi, tak perlu kita menunggu puncak hujan meteor Delta Akuarid, sebab pengamatan yang dilakukan mulai malam ini berkesempatan melihat meteor dengan intensitas 10 sampai 20 meteor per jam, dengan catatan lokasi pengamatan gelap, bebas polusi cahaya, dan cuaca cerah.

Bagaimana cara mengamatinya? Mudah sekali. Cukup siapkan kursi santai dan minuman hangat, lalu berbaringlah sambil menatap ke langit malam. Tanpa teleskop, tanpa gawai. Meteor-meteor akan melesat cepat di langit.

Untuk Delta Akuarid, titik radiannya (titik kemunculan) berada di arah rasi bintang Akuarius. Bila kamu tidak tahu di mana letak rasi bintang ini, cukup amati langit saja, karena meteor-meteor bisa datang dari segala arah.

Pada momen gerhana Bulan total 28 Juli 2018, kita berkesempatan melihat gerhana sambil ditemani oleh meteor-meteor terang dari Delta Akuarid yang melesat cepat di langit. Jangan lewatkan kesempatan pengamatan menarik nan langka ini.

Waktu terbaik untuk mengamatinya adalah sekitar jam 2 dini hari. Jadi, pastikan kamu cukup tidur dulu sebelum berniat untuk mengamatinya, ya. Jangan sampai sakit hanya karena ingin berburu meteor~

Hujan meteor Delta Akuarid bisa diamati di seluruh Indonesia. Clear skies!
BERIKAN KOMENTAR ()