Menanti Jarak Terdekat Bumi-Mars dalam 15 Tahun Terakhir

Oposisi Mars tahun 2016. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Kamu mungkin harus melingkari tanggal 27 Juli 2018 di kalendermu. Sebab pada hari itu, planet Mars akan mencapai titik oposisinya terhadap Matahari, sehingga akan muncul sangat terang!

Walau begitu, oposisi Mars yang terjadi pada 27 Juli 2018 tidak bertepatan dengan peristiwa dekatnya jarak antara Bumi dan Mars. Karena eksentrisitas orbit Mars, hal itu membuat momen terdekat antara Bumi dengan Mars baru akan terjadi pada 31 Juli 2018.

Peristiwa dekatnya jarak orbit antara Bumi dan Mars ini wajib ditunggu. Bagaimana tidak, ini akan menjadi jarak terdekat antara kedua planet bertetangga tersebut dalam lima belas tahun terakhir. Hanya oposisi Mars pada tahun 2003 yang membuat Mars berada lebih dekat dengan Bumi, yakni pada jarak 0,373 AU, atau sekitar 55,8 juta kilometer, yang kala itu terjadi pada tanggal 27 Agustus.

Pada tahun 2018 ini, jarak antara pusat Bumi dan Mars akan mencapai 0,385 AU, atau sekitar 57,6 juta kilometer. Pada jarak itu, Planet Merah kemudian akan mencapai ukuran diameter sudut maksimum 24,3 detik busur ketika diamati melalui teleskop dengan pembesaran minimal 80x.

Belum punya teleskop? Jangan bersedih. Momen oposisi Mars maupun ketika Bumi-Mars berada di jarak terdekat nanti merupakan pemandangan langit malam yang masih sangat menarik bila diamati hanya dengan kasat mata saja.

Dalam pandangan mata, Mars akan bersinar dengan rona merah-jingga yang stabil (tidak berkelap-kelip) pada magnitudo -2,8. Pada magnitudo itu, planet tetangga Bumi kita ini akan jauh lebih terang dari bintang apapun, termasuk Sirius.

Namun, bila diamati dengan teleskop berkualitas tinggi dengan aperture yang mencapai 15 cm, atau lebih besar, kita bisa melihat Mars yang lengkap dengan banyak detail permukaannya. Seperti kawah, permukaan berkaratnya, sampai tudung es kering di kedua kutubnya.

Oh iya, peristiwa dekatnya Bumi dan Mars ini tidak akan membuat Mars muncul sebesar Bulan purnama, ya. Waspada kabar hoaks tahunan tersebut yang selalu muncul tiap menjelang peristiwa oposisi Mars.

Karena kenyataannya, Mars nantinya hanya akan muncul bagai bintang merah terang saja dalam pandangan dari Bumi. Ya, kenyataan memang kadang tidak sesuai ekspektasi. Selamat menanti oposisi Mars~