GALERI: Ketika Planet Jupiter dan Bumi di Jarak Terdekatnya

Jupiter dalam pandangan teleskop saat oposisi. Kredit: Sven Melchert
Info Astronomy - Pada 9 Mei 2018 kemarin, planet Jupiter sempat mencapai titik oposisi terhadap Matahari, membuat Matahari-Bumi-Jupiter berada satu garis lurus dan secara otomatis membawa Jupiter di jarak terdekat dengan Bumi.

Tidak dekat-dekat banget, sih, sebab jarak antara Bumi ke Jupiter masih sekitar 650-an juta kilometer jauhnya. Tapi, itu adalah jarak terdekat yang bisa dicapai kedua planet. Momen ini pun tak mau dilewatkan begitu saja oleh para pengamat langit di berbagai penjuru dunia.

Dekatnya Jupiter dari Bumi membuat kenampakannya praktis lebih terang. Dalam pandangan teleskop, diameter sudutnya lebih besar, sehingga tampak lebih jelas.

Nah, di bawah ini, kami telah memilih beberapa gambar Jupiter yang diambil melalui teleskop saat momen oposisinya terhadap Matahari:

Dari langit London, Inggris. Kredit: Szabolcs Nagy
Dari langit Varese, Italia. Kredit: Andrea Aletti
Dari langit Turin, Italia. Kredit: Alessio Lotito
Dari langit Aguadilla, Puerto Riko. Kredit: Efrain Morales Rivera
Sampai akhir Mei 2018 mendatang, planet Jupiter masih akan muncul sangat terang di langit malam. Kamu bisa menemukan Jupiter yang muncul bagai bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip. Gunakan teleskop agar pengamatan lebih jelas.