Menilik Lebih Dekat ke Galaksi Spiral NGC 3344

Galaksi spiral NGC 3344. Kredit: ESA/Hubble, NASA
Info Astronomy - Bila Anda pikir bahwa galaksi Andromeda adalah galaksi terindah, Anda mungkin belum melihat galaksi yang satu ini. Dipotret menggunakan Teleskop Antariksa Hubble, galaksi yang dikatalogkan sebagai NGC 3344 tampak begitu memesona.

Galaksi ini begitu unik, sebab kemiringannya membuat wajahnya tampak begitu jelas dalam pandangan dari Bumi, sehingga para astronom dapat melihat struktur galaksi yang rumit tapi elegan ini secara terperinci. Ditambah dengan kemampuan Hubble yang bisa mengamati objek langit dalam berbagai panjang gelombang, kita dapat melihat fitur yang tidak teramati dengan mata telanjang pada galaksi ini.

Galaksi ini masuk dalam kategori jenis galaksi spiral, jenis galaksi yang paling umum ditemui di alam semesta. Galaksi spiral juga merupakan objek alam semesta yang paling spektakuler. Namun, tidak semua galaksi spiral bisa diamati sejelas pemandangan galaksi NGC 3344 ini.

Beberapa galaksi terlihat terlalu lurus dari Bumi, sehingga kita melihat galaksi tersebut seolah dari tepiannya. Ada pula galaksi yang miring dalam pandangan dari Bumi (seperti galaksi Andromeda).

Berjarak sekitar 20 juta tahun cahaya di arah rasi bintang Leo Minor, pemandangan NGC 3344 dari Bumi untungnya sangat menakjubkan. Galaksi ini diketahui memiliki ukuran setengah kali diameter Bimasakti, sehingga tergolong galaksi spiral yang mungil.

Fitur unik yang membuatnya sedikit mirip Bimasakti adalah adanya palang di bagian inti galaksi ini. Gambar di atas yang diambil dengan instrumen Wide Area Camera 3 pada Hubble sukses menunjukkan adanya jalur palang memanjang di bagian inti galaksi. Para astronom memperkirakan bahwa dua pertiga dari semua galaksi spiral memiliki palang seperti ini.

Citra galaksi NGC 3344 di atas merupakan gabungan dari berbagai panjang gelombang yang diambil oleh Hubble, mulai dari sinar ultraviolet-dekat, panjang gelombang optik, hingga inframerah-dekat. Seluruh citra dari berbagai panjang gelombang tersebut disatukan, sehingga jadilah citra utuh yang menakjubkan.

Lengan spiral galaksi NGC 3344 begitu khas, yang dihuni oleh awan-awan debu gas antarbintang tempat kelahiran bintang-bintang baru. Suhu yang sangat tinggi di sana membuat lengan spiralnya bersinar dengan rona biru.

Letak galaksi spiral NGC 3344 di alam semesta ternyata juga cukup unik. Bila galaksi Bimasakti kita adalah bagian dari Grup Lokal, yang terdiri dari sekitar 30 galaksi lainnya, maka NGC 3344 bukan bagian dari lingkungan gugus galaksi seperti galaksi kita. Ia menyendiri, tidak tergabung dalam kelompok galaksi.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai NGC 3344. Mari tonton video berikut yang menampilkan galaksi NGC 3344:

BERIKAN KOMENTAR ()