Februari yang Tanpa Bulan Purnama

Ilustrasi. Kredit: Kalastro.id
Info Astronomy - Bila biasanya setiap bulan pasti akan terjadi satu fase Bulan purnama, pada Februari 2018 ini, fase Bulan purnama tidak akan terjadi. Tapi, tahukah Anda mengapa hal ini bisa terjadi?

Pertama-tama, mari kita kenali dulu apa itu Bulan purnama. Fase ini adalah fase di mana Bulan akan tampak penuh karena wajahnya yang menghadap ke Bumi tersinari sepenuhnya oleh Matahari. Hal ini dapat terjadi karena posisi Bulan berada 180 derajat dari posisi Matahari di langit Bumi.

Dengan kata lain, fase Bulan purnama terjadi saat Matahari-Bumi-Bulan berada segaris lurus di bidang orbitnya. Lalu, bila ketiganya segaris lurus, mengapa tidak terjadi gerhana Bulan? Hal ini disebabkan karena bidang orbit Bulan miring sekitar 5 derajat terhadap orbit Bumi. Sehingga Bulan bisa saja ada di atas ekliptika, bisa juga ada di bawah, menyebabkan gerhana tidak terjadi setiap purnama.

Karena satu siklus Bulan lamanya 29,5 hari, maka Bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15 dalam kalender lunar. Ingat ya, kalender lunar, bukan kalender masehi. Itulah mengapa Bulan purnama pada Januari kemarin terjadi pada tanggal 2 dan 31 Januari, bukan di tanggal 15 Januari.

Fase-fase Bulan. Kredit: Fred Espenak, AstroPixels.com
Lantas, mengapa tak ada Bulan purnama untuk Februari 2018? Hal ini dikarenakan Bulan purnama yang seharusnya terjadi pada Februari justru akan terjadi di awal Maret 2018 mendatang.

Mari kita hitung. Bulan purnama terakhir tahun ini telah terjadi pada 31 Januari 2018. Karena satu siklus Bulan (periode yang dibutuhkan Bulan untuk berubah dari satu fase ke fase yang sama) adalah 29,5 hari, maka Bulan purnama tidak bisa terjadi di Februari 2018 yang hanya 28 hari.

Peristiwa tanpa purnama di Februari ini ternyata selalu terjadi sekali setiap 20 tahun, lho. Sebagai gantinya, maka tiap 20 tahun akan ada dua Bulan purnama pada Januari dan Maret. Ya, Maret 2018 ini akan memiliki dua peristiwa Bulan purnama seperti yang telah terjadi pada Januari 2018 kemarin, tepatnya pada tanggal 2 Maret 2018.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang mengapa Februari ini tidak akan terjadi Bulan purnama. Peristiwa ini kadang dikenal sebagai "Black Moon", dan bukan peristiwa yang spesial dalam astronomi serta tidak akan menyebabkan bencana.
BERIKAN KOMENTAR ()