Apa itu Galaksi Satelit?

Dua galaksi satelit besar yang mengitari galaksi Andromeda. Kredit: ESA/Hubble, NASA
Info Astronomy - Matahari kita adalah bagian dari kumpulan bintang raksasa yang disebut sebagai galaksi Bimasakti. Ratusan miliar bintang mengorbit pusat galaksi ini. Tapi, tahukah Anda bahwa ada galaksi lain juga yang mengorbit pusat galaksi Bimasakti? Inilah galaksi satelit!

Galaksi satelit adalah galaksi yang mengorbit sebuah galaksi yang lebih besar karena tarikan gravitasi. Dengan demikian, massa dua galaksi menentukan hubungan orbitnya satu sama lain. Galaksi dengan massa yang lebih kecil akan mengorbit galaksi dengan massa yang lebih besar.

Banyak galaksi satelit tidak bisa menahan gravitasinya dan pada akhirnya tertarik ke galaksi besar. Galaksi satelit itu pun akan "dilahap" oleh galaksi yang lebih besar, sehingga nantinya akan menjadi bagian dari galaksi yang lebih besar tadi.

Bimasakti sendiri memiliki sejumlah galaksi satelit, namun yang terbesar adalah galaksi kerdil Awan Magellan Besar. Galaksi satelit yang satu ini berjarak sekitar 163.000 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki ukuran sekitar 1 per 100 ukuran Bimasakti.

Tidak seperti galaksi Bimasakti yang berbentuk spiral, galaksi satelit kita yang satu ini tidak memiliki bentuk spiral, melainkan lebih ke bentuk tak beraturan. Beberapa ilmuwan berpikir bahwa hal itu terjadi karena gravitasi dari Bimasakti menarik dan melengkungkannya.

Galaksi satelit lain milik Bimasakti adalah Galaksi Kerdil Kanis Mayor. Para ilmuwan memperkirakan bahwa galaksi satelit itu berisi sekitar satu miliar bintang. Jaraknya kini hanya 25.000 tahun cahaya dari Bumi kita.

Bimasakti kini juga sedang "melahap" salah satu galaksi satelitnya, yang dikenal sebagai Galaksi Kerdil Sperodial Sagitarius. Galaksi tersebut berada terlalu dekat dengan Bimasakti, sehingga saat ini sedang dalam proses dikonsumsi oleh Bimasakti dan diperkirakan akan menjadi bagian Bimasakti seutuhnya dalam 100 juta tahun ke depan.

Ada kurang lebih 60 galaksi satelit yang dikonfirmasi berada dalam jarak 1,4 juta tahun cahaya dari Bimasakti, namun tidak semua dari mereka mengorbit Bimasakti, bahkan beberapa di antaranya berada saling mengorbit satu sama lain.

Bacaan lebih lanjut: https://www.cfa.harvard.edu/~lsales/SatelliteGalaxies.html
BERIKAN KOMENTAR ()