Ulasan Teleskop: Celestron AstroMaster 70AZ

Teleskop Celestron AstroMaster 70AZ. Kredit: Celestron
Info Astronomy - Pekan ini, kami akan mengulas teleskop yang masih keluaran Celestron, yakni seri AstroMaster 70AZ. Bila Anda berniat untuk membelinya, mungkin ulasan berikut ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan Anda.

Celestron AstroMaster 70AZ merupakan jenis teleskop refraktor. Menurut kami, teleskop ini adalah pilihan yang sangat baik bagi para astronom amatir yang ingin menggunakannya sebagai alat untuk mengamati benda-benda langit maupun benda-benda yang ada di Bumi (melihat pemandangan).

Bila teleskop biasanya menampilkan gambar yang terbalik, pada seri AstroMaster 70AZ ini Anda akan melihat gambar benda-benda langit yang tegak sempurna, seperti tampilan sebenarnya bila diamati dengan mata telanjang.

Teleskop Celestron AstroMaster 70AZ. Kredit: Celestron
Kemampuan tersebut dimiliki AstroMaster 70AZ karena ia dilengkapi oleh errect image optic, yang memungkinkan teleskop menampilkan gambar yang diamati dalam posisi tegak lurus.

AstroMaster 70AZ juga memiliki sejumlah fitur yang membuatnya mudah digunakan. Seri teleskop ini dilengkapi dengan tripod yang mendapat pujian dari banyak pengulas karena kekokohannya, meski cenderung agak sulit digerakkan ke atas dan ke bawah. Walau begitu, tripod sangat mudah dipasang dalam hitungan menit, bahkan oleh pengguna teleskop untuk pertama kali.

Selain itu, AstroMaster 70AZ memiliki StarPointer yang terpasang secara permanen. StarPointer memiliki fungsi untuk mengarahkan pandangan teleskop ke benda langit yang ingin diamati. Yang perlu dilakukan hanyalah menempatkan titik merah pada StarPointer ke objek tujuan yang ingin diamati.

Yang terpenting adalah, AstroMaster 70AZ berbobot cukup ringan untuk dibawa dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah.

AstroMaster 70AZ di dalam boks. Kredit: Celestron

Spesifikasi

Hal utama yang perlu diperhatikan saat membeli suatu barang jelas adalah spesifikasinya, termasuk dalam membeli teleskop. Berikut spesifikasi yang dimiliki teleskop Celestron AstroMaster 70AZ:
  • Desain optis: Refraktor
  • Aperture: 70mm
  • Panjang fokus: 900mm
  • Eyepiece: 20mm dan 10mm
  • Pembesaran: 45x dan 90x
  • Finderscope: Built-on StarPointer
  • Dudukan: Altazimuth
  • Tripod: Stainless Steel
  • Daya: 100x lebih sensitif dari mata manusia
  • Ruang pandang: 1,1 derajat
  • Panjang tabung optis: 914mm
Menurut spesifikasi AstroMaster 70AZ yang kami dapatkan langsung dari situs web Celestron.com, terlihat bahwa teleskop ini memiliki kualitas yang cukup baik dalam hal pembesaran. AstroMaster 70AZ dapat menyajikan gambar yang jelas dan detail dari banyak benda langit di malam hari.

Saat kami menggunakannya, kami bisa melihat bulan-bulan yang mengelilingi Jupiter, cincin yang megah pada Saturnus (beserta bulan-bulan yang mengelilinginya juga), hingga dapat digunakan untuk mengamati benda langit jauh seperti nebula terang maupun gugus bintang terdekat.

Hal tersebut dimungkinkan karena lensa optik AstroMaster 70AZ terlapisi secara keseluruhan (completely coated). Itu membuat AstroMaster 70AZ dapat menyerap cahaya dari benda langit lebih halus namun tajam, memberikan gambaran yang cukup baik.

Bulan diamati dengan AstroMaster 70AZ. Kredit: Robert Colonna
Saturnus dipotret dengan AstroMaster 70AZ (gambar sudah disunting fotografer). Kredit: Akira
Teleskop apa lagi yang harus kami ulas pekan depan? Sarankan melalui formulir kontak di sini.

Harga di pasaran: Rp 3.900.000,- s/d Rp 4.100.000,-