Ulasan Teleskop: Celestron PowerSeeker 127EQ

Celestron PowerSeeker 127EQ. Kredit: Celestron.com
Info Astronomy - Sedang mencari teleskop berkualitas premium untuk pemula? Pekan ini, kami mengulas teleskop PowerSeeker 127EQ keluaran pabrikan Celestron. Apa yang bisa diandalkan dari teleskop yang satu ini?

Celestron PowerSeeker 127EQ merupakan jenis teleskop reflektor (menggunakan cermin), yang merupakan bagian dari seri PowerSeeker yang paling berkualitas tinggi. Terlebih lagi, kualitas premium dari teleskop Celestron PowerSeeker 127EQ hadir dengan harga yang cukup terjangkau!

Dalam ulasan teleskop Celestron PowerSeeker 127EQ ini, kami sebisa mungkin akan menjelaskan tentang fitur-fiturnya, kelebihan-kerugian, dan bagaimana menggunakan teleskop reflektor Celestron PowerSeeker 127EQ ini.

Jadi, mari simak dengan seksama.

Walaupun tidak tergolong dalam teleskop portabel, teleskop Celestron PowerSeeker 127EQ masih bisa digunakan untuk dibawa berpergian. Teleskop ini dirancang sebagai sebuah peralatan pengamatan langit yang terjangkau namun hebat. Teleskop ini akan melebihi ekspektasi Anda.

Termasuk dalam jenis teleskop reflektor Newtonian, itu berarti teleskop ini menggunakan cermin untuk mengumpulkan cahaya dan mencerminkan gambar untuk dilihat oleh mata Anda, berbeda dengan jenis teleskop refraktor maupun catadioptrik yang menggunakan lensa.

Dengan aperture 127 mm (5 inci) dan focal length 1000 mm, teleskop ini cukup sempurna untuk digunakan oleh pemula astronomi. Teleskop Celestron PowerSeeker 127EQ dilengkapi 2 eyepieces, yang masing-masing berdiameter 20 mm (pembesaran 50x) dan 4 mm (pembesaran 250x). Ditambah lensa Barlow 3x, hal ini akan menjadikan teleskop ini ratusan kali lebih baik daripada binokuler biasa.

Paket teleskop PowerSeeker 127EQ. Kredit: Celestron.com
Di bawah langit yang gelap, Anda bisa melihat benda-benda langit redup sampai ke magnitudo +13 dengan teleskop ini. Dengan kata lain, Anda bisa melihat 110 objek dalam katalog Messier, komet-komet redup, sampai galaksi-galaksi tetangga. Anda akan sangat senang dengan apa yang bisa dilakukan teleskop ini untuk Anda.

Kelebihan

Teleskop ini memiliki kualitas optik yang baik. Dengan membeli Celestron PowerSeeker 127EQ, Anda secara langsung telah berinvestasi dalam memiliki instrumen optik berkualitas terbaik yang menawarkan pengalaman pengamatan benda-benda langit yang luar biasa.

Anda juga akan mendapatkan banyak aksesoris tambahan untuk teleskop ini saat Anda membelinya. Mulai dari lensa Barlow 3x hingga dua eyepieces, tripod aluminium yang kokoh, serta aksesoris tambahan lainnya. Anda akan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mulai menggunakan teleskop ini begitu Anda menerimanya.

Anda tidak memerlukan alat tambahan untuk merakit teleskop Celestron PowerSeeker 127EQ. Proses perakitan sangat mudah dan bisa dilakukan dalam beberapa menit saja. Dengan desain optik multi-lapisnya, teleskop ini menawarkan gambar yang akan terlihat sangat jelas.

Kekurangan

Setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan. Pertama, teleskop ini membutuhkan perawatan lebih. Karena ia termasuk jenis reflektor Newtonian, pastikan cermin utama teleskop ini tidak akan terkena udara maupun debu. Teleskop ini juga cukup rapuh sehingga Anda harus memperhatikannya dengan baik saat menyimpan maupun menggunakannya.

Kedua, Anda tampaknya akan membutuhkan eyepieces tambahan. Walaupun sebenarnya eyepieces yang Anda dapatkan sudah cukup mumpuni, tapi pada saatnya, Anda nanti kemungkinan akan berpikir untuk perlu menambahkan beberapa eyepieces ke teleskop Anda.

Apa yang Bisa Diamati?

Membeli teleskop pasti akan membuat Anda berpikir, "Apa yang akan saya amati dengan teleskop?" Untuk Celestron PowerSeeker 127EQ, bila Anda melakukan pengamatan di tempat yang gelap, Anda bisa melihat beberapa benda langit berikut:
  • Fase-fase planet Merkurius
  • Kawah-kawah di Bulan
  • Tudung es di planet Mars (bila Mars berada di oposisi)
  • Sabuk awan Jupiter serta bulan-bulannya
  • Neptunus dan Uranus yang terlihat seperti cakram, bukan hanya titik cahaya
  • Saturnus yang lengkap dengan cincin dan bulan-bulannya
  • Semua benda langit pada katalog Messier dan katalog NGC
Saturnus dari PowerSeeker 127EQ (setelah di-zoom). Kredit: Herb H
Nebula Orion dari PowerSeeker 127EQ. Kredit: Herb H
Nah, itulah ulasan kami terkait teleskop Celestron PowerSeeker 127EQ. Semoga ulasan teleskop kali ini bisa membantu Anda untuk memilih teleskop pertama Anda.


Harga di pasaran: Rp5.200.000 s/d Rp5.500.000
BERIKAN KOMENTAR ()