Yuk Temukan 8 Rasi Bintang Baru di Langit!

8 rasi bintang tak resmi baru. Kredit: University of Birmingham
Info Astronomy - Selain ada 88 rasi bintang resmi yang diakui oleh International Astronomical Union (IAU), sekelompok astronom dari Universitas Birmingham, Inggris baru-baru ini memperkenalkan delapan rasi bintang baru yang tidak resmi berdasarkan selebritis seperti Usain Bolt hingga JK Rowling. Apa tujuannya?

Rupanya, delapan rasi bintang baru ini dirancang untuk mendorong anak-anak agar gemar melihat langit malam. Berdasarkan survei yang mereka lakukan, ditemukan bahwa 72 persen anak berusia 7 hingga 19 tahun mengatakan bahwa mereka jarang dan bahkan tidak pernah melihat langit malam untuk menemukan rasi bintang.

Proyek ini disebut sebagai Look Up To The Stars. Sekelompok astronom dari Universitas Birmingham membuat delapan rasi bintang baru ini dalam rangka kemitraan dengan The Big Bang Fair.

"Merupakan kehormatan untuk bekerja bersama The Big Bang Fair dalam mengembangkan serangkaian rasi bintang baru untuk mendorong anak-anak dewasa ini untuk melihat bintang-bintang," kata pemimpin proyek Emma Willett.

"Kami sangat berharap kreasi baru ini akan membantu orang-orang dari segala usia mengembangkan minat mereka terhadap ruang angkasa dan astronomi, yang bekerja untuk menginspirasi generasi penerus astronom untuk menaruh minat di bidang ini," tambahnya.

Delapan rasi bintang modern ini bentuknya sangat unik. Mulai dari atlet asal Jamaika Usain Bolt yang sedang melakukan gestur "petir"-nya yang khas, hingga atlet asal Inggris Mo Farah yang sedang melakukan "Mobot".

Malala Yousafzai dari Pakistan, seorang aktivis pendidikan wanita yang ditembak oleh seorang pria bersenjata pada tahun 2012 yang berusaha membunuhnya, dihormati dengan rasi bintang berbentuk buku, sementara wajah JK Rowling digambarkan dengan kacamata khas Harry Potter.

Rasi bintang Malala dan bintang-bintang yang membentuknya. Kredit: University of Birmingham
Sementara itu, Sir David Attenborough dihormati dengan rasi bintang yang berbentuk seekor paus, ada juga rasi bintang untuk astronot asal Inggris, Tim Peake, yang berbentuk mirip pesawat ulang-alik. Untuk Sir Michael Bond, ia dihormati dengan rasi bintang Beruang Paddington. Dan terakhir, petenis Serena Williams dihormati dengan rasi bintang dengan bentuk saat ia sedang servis bola.

Setiap rasi bintang ini bisa diamati di langit malam. Dengan waktu kemunculan sebagai berikut:
  1. Malala Yousafza (Buku) - Langit utara - Februari
  2. JK Rowling (kacamata Harry Potter) - Utara - Maret
  3. Sir David Attenborough (Paus) - Utara - April
  4. Tim Peake (Pesawat Ulang-alik) - Timur - April
  5. Sir Mo Farah (Mobot) - Timur - Juni
  6. Serena Williams (Raket tenis) - Utara - September
  7. Usain Bolt (Gestur "petir") - Timur - November
  8. Sir Michael Bond (Beruang Paddington) - Timur - Desember
Rasi bintang JK Rowling. Kredit: University of Birmingham
Delapan rasi bintang baru ini adalah karya para ahli di University of Birmingham's Astronomy Society. Proses pengembangan rasi bintang baru ini telah melalui serangkaian analisis yang sangat hati-hati terhadap peta bintang untuk berbagai wilayah di langit dengan rasi bintang resmi lainnya.

Seperti disebutkan di atas, delapan rasi bintang ini tidak resmi; hanya ada 88 rasi bintang resmi yang diakui oleh IAU. Delapan rasi bintang ini diharapkan bisa mendorong anak-anak untuk keluar dan melihat bintang-bintang di langit malam.

"Stargazing adalah cara yang bagus untuk memicu ketertarikan anak-anak muda terhadap alam semesta dan mengilhami mereka untuk mencari tahu lebih banyak," kata Beth Elgood, Direktur Komunikasi di EngineeringUK, yang menyelenggarakan The Big Bang Fair.

Ingin coba menemukan rasi bintang ini dengan anak Anda? Klik di sini untuk melihat gambar-gambar delapan rasi bintang baru beserta info lokasi dan bintang-bintang terangnya.