Mungkinkah "Mereka" Bisa Menemukan Bumi Kita?

Ilustrasi. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Sudah begitu banyak planet asing di alam semesta yang berhasil kita temukan keberadaannya. Tapi, apakah "mereka" juga menemukan Bumi kita?

Jawabannya, bisa jadi, ya. "Mereka" atau makhluk cerdas luar Bumi kemungkinan besar juga bisa mendeteksi keberadaan planet kita, dengan catatan teknologi yang mereka gunakan setara dengan teknologi kita, atau bahkan lebih maju.

Tapi. sebelum Anda khawatir dengan invasi alien, cukup ingat saja: bila teknologi mereka memang setara dengan teknologi kita, yang pada dasarnya merupakan detektor cahaya canggih atau instrumen spektral yang dapat menyaksikan pergerakan bintang, "mereka" mungkin juga hanya menemukan Bumi sebagai titik cahaya di Matahari kita.

Sebuah studi baru yang diterima untuk dipublikasikan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society baru-baru ini melihat planet-planet tetangga dekat Bumi kita. Studi tersebut menemukan bahwa puluhan planet terdekat Bumi kita kemungkinan dapat mendeteksi Bumi dengan cara yang sama seperti kita mendeteksi mereka.

Dengan menggunakan rumus probabilitas, para astronom menemukan bahwa ada 1 banding 40 kemungkinan "mereka" bisa mendeteksi salah satu planet terdalam di sistem tata surya kita, termasuk Bumi.

Penelitian ini menemukan bahwa penduduk (bila ada) dari setidaknya 68 planet asing terdekat yang telah diketahui keberadaannya dapat mendeteksi satu atau lebih planet di tata surya kita. Dalam daftar itu, hanya sedikit yang memiliki probabilitas untuk mendeteksi lebih dari satu planet, dan hanya satu dari mereka yang mampu menemukan Bumi dalam data mereka.

Sebagai contoh, HATS-11b adalah planet asing seukuran Jupiter yang berjarak hampir 3.000 tahun cahaya dari Bumi. Dari sana, mungkin saja makhluk cerdas di sana bisa mendeteksi Bumi dan Jupiter yang transit di depan Matahari. Untungnya, saat ini kita tidak mengetahui adanya planet lain di sistem HATS-11 itu, termasuk planet mirip Bumi yang laik huni, sehingga mungkin tidak ada yang mendeteksi Bumi dari sana.

Penelitian ini memberi wawasan yang menarik, di luar sekadar "siapa yang bisa memata-matai kita." Menurut perhitungan para astronom, alien hanya bisa melihat tiga atau bahkan lebih sedikit planet di tata surya kita, dan kemungkinan besar juga hanya bisa mendeteksi planet-planet besar seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Tapi kalaupun berhasil melihat keberadaan Bumi, bisa jadi mereka melihat keadaan Bumi di masa lalu. Misalnya planet asing berkehidupan cerdas berjarak 3.000 tahun cahaya dan mencoba melihat ke arah Bumi, maka mereka sedang melihat kondisi Bumi 3.000 tahun yang lalu.

Jadi, jangan terlalu khawatir dengan "mata-mata kehidupan asing" saat ini. Mereka bahkan mungkin tidak tahu ada Bumi di sini.

Penelitian ini bisa dibaca pra-cetaknya di sini.