Saran pencarian

GALERI: Okultasi Venus 18 September 2017 di Sangiang

Pada 18 September 2017 kemarin, planet Venus diokultasi oleh Bulan sehingga hilang dari pandangan karena bersembunyi di balik Bulan. Momen tersebut merupakan momen langka, sehingga tim InfoAstronomy.org ikut berburu okultasi Venus di Pulau Sangiang, Banten bersama komunitas Jejak Pengamat Langit.
Beberapa menit sebelum okultasi Venus terjadi, 18 September 2017. Kredit: Burhanuddin Rabbani/JejakLangit.com
Info Astronomy - Pada 18 September 2017 kemarin, planet Venus diokultasi oleh Bulan sehingga hilang dari pandangan karena bersembunyi di balik Bulan. Momen tersebut merupakan momen langka, sehingga tim InfoAstronomy.org ikut berburu okultasi Venus di Pulau Sangiang, Banten bersama komunitas Jejak Pengamat Langit.

Pengamatan kami mulai pada pukul 03.00 WIB dini hari kala itu. Bulan dan Venus belum terbit, sehingga kami memutuskan untuk memotret benda-benda langit jauh (deep sky objects) seperti gugus bintang Pleiades, nebula Orion, hingga galaksi Andromeda. Untungnya, langit Pulau Sangiang masih bebas polusi cahaya.

Sampai pada akhirnya, Bulan dan Venus pun terbit. Tim astrofotografer kami pun langsung bergegas memotretnya. Jepretan pertama bisa Anda lihat di atas, di mana Bulan dan Venus masih cukup rendah di atas horison sehingga foreground pepohonan masih bisa ditangkap. Ada pula Earthshine pada Bulan, membuat hasil foto menjadi lebih dramatis.

Inilah foto-foto dari detik-detik okultasi Venus yang berhasil kami potret dan telah kami proses agar lebih indah:

Beberapa menit sebelum okultasi Venus. Kredit: Burhanuddin Rabbani/JejakLangit.com
Venus semakin mendekati Bulan. Kredit: Burhanuddin Rabbani/JejakLangit.com
Kredit: Burhanuddin Rabbani/JejakLangit.com
Dua menit sebelum Venus hilang ditelan Bulan. Kredit: Burhanuddin Rabbani/JejakLangit.com
Momen sesaat sebelum okultasi. Kredit: Burhanuddin Rabbani/JejakLangit.com 
Venus telah hilang di balik Bulan. Kredit: Burhanuddin Rabbani/JejakLangit.com

Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.