6 Teleskop dengan Harga Terjangkau Bagi Pemula

Dokumen: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Ketika mengamati langit malam, rasanya akan kurang seru tanpa adanya teleskop. Sayangnya, harga teleskop yang bagus dan berkualitas cukup menguras kantong. Tapi jangan khawatir, berikut ini kami berikan 6 rekomendasi teleskop dengan harga terjangkau untuk pemula.

Oh iya, sebelum kamu membeli teleskop, ada baiknya ketahui dulu tips untuk membeli teleskop pertama yang bisa dibaca di sini. Penting untuk memastikan kamu membeli produk teleskop yang berkualitas, bukan yang akan mengecewakan kamu ketika mencoba mengamati planet tapi justru yang terlihat hanya titik kecil saja.

Teleskop terbaik memiliki dua aspek penting: optik berkualitas tinggi dan stabil serta mounting atau dudukan yang kokoh dan luwes. Kamu juga mungkin ingin teleskop yang besar dan mudah dalam hal pemasangannya ketika kamu ingin mengamati benda langit.

Nah, inilah enam teleskop yang kami rekomendasikan:

Celestron PowerSeeker 50AZ
Celestron PowerSeeker 50AZ. Kredit: Celestron
Bila kamu mencari teleskop yang cocok pemula, teleskop Celestron seri PowerSeeker 50AZ adalah solusi yang ideal. Teleskop ini stabil dan cukup mudah dibongkar-pasang. Selain mudah diatur, teleskop ini juga dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris yang memudahkan kamu menjelajahi langit malam dengan anak-anak kamu.

Teleskop dengan jenis refraktor yang mengandalkan lensa ini hadir dengan tiga lensa okuler 20mm, 12mm, dan 4 mm, dipadu dengan focal length 600mm sehingga memiliki pembesaran yang cukup baik. Lensa objektif teleskop ini juga terlapisi sepenuhnya sehingga kamu akan mendapatkan pandangan benda-benda langit yang jernih dan tajam.

Di pasaran, teleskop ini dibanderol dengan harga mulai Rp1,7 juta hingga Rp1,9 juta.

Beli Celestron PowerSeeker 50AZ di tautan ini atau di sini.

Celestron PowerSeeker 60EQ
Celestron PowerSeeker 60EQ. Kredit: Celestron
Teleskop berjenis refraktor dengan dudukan ekuatorial ini merupakan pilihan tepat bagi astronom pemula yang ingin santai dalam melihat pemandangan benda-benda langit malam. Menggunakan tipe optis akromatik, teleskop ini mampu melakukan pengamatan Bulan, planet, bintang biner, gugusan bintang, nebula, dan bahkan beberapa galaksi tetangga Bimasakti.

Dengan sistem optik yang cukup baik, PowerSeeker 60EQ dapat menghasilkan kecerahan dan kejernihan pandangan saat digunakan. Teleskop ini 73 kali lebih sensitif dari mata manusia, yang membuat kamu dapat melihat banyak benda-benda langit yang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang.

Di pasaran, teleskop ini dibanderol mulai Rp2,9 juta hingga Rp3,2 juta.

Beli Celestron PowerSeeker 60EQ di tautan ini atau di sini.

Celestron AstroMaster 70AZ
Celestron AstroMaster 70AZ. Kredit: Celestron
Teleskop Celestron AstroMaster 70AZ merupakan pilihan tepat bagi astronom pemula yang ingin menggunakan teleskop bagi pengamatan langit maupun pengamatan alam. Sistem optik refraktor memberikan pengalaman yang seru untuk pengamatan objek-objek jauh.

AstroMaster 70AZ memiliki kemampuan sensitivitas 100 kali lipat lebih tajam dari mata manusia. Dengan dua lensa okuler 20mm dan 10mm, kamu akan mendapatkan pembesaran masing-masing 45 kali dan 90 kali.

Teleskop ini dibanderol mulai Rp3,9 juta hingga Rp4,2 juta di pasaran.

Beli Celestron AstroMaster 70AZ di tautan ini.

Celestron PowerSeeker 80EQ
Celestron PowerSeeker 80EQ. Kredit: Celestron
Teleskop Celestron seri ini adalah pilihan tepat bagi seorang astronom pemula yang ingin melakukan sesuatu yang lebih daripada sekadar melihat langit, namun dengan harga yang cukup terjangkau. Celestron PowerSeeker 80 EQ ini memiliki optik refraktor akromatik 80mm.

Rancangan sistem optik yang baik merupakan prioritas utama pada teleskop ini. Teleskop PowerSeeker 80EQ memiliki kemampuan 131 kali lebih sensitif dari mata manusia dalam pengamatan langit malam. Teleskop ini bisa diandalkan untuk mengamati Bulan, planet, hingga benda-benda langit jauh.

Dibanderol dengan harga mulai Rp4,2 juta hingga Rp4,5 juta di pasaran, kamu akan mendapatkan lebih dari yang kamu bayarkan.

Beli Celestron PowerSeeker 80EQ di tautan ini atau di sini.

Celestron PowerSeeker 127EQ
Celestron PowerSeeker 127EQ. Kredit: Celestron
Berbeda dengan empat teleskop sebelumnya yang merupakan jenis teleskop refraktor, PowerSeeker 127EQ merupakan teleskop reflektor yang menggunakan cermin dengan dudukan ekuatorial yang kokoh. Dengan aperture yang besar (127mm), teleskop ini mampu memberikan pandangan yang jelas dari planet, gugus bintang, nebula, hingga galaksi tetangga dengan tampilan yang lebih terang.

Optik reflektor newtonian akan membuat kamu mendapatkan pengalaman mengamati benda-benda langit secara detail, tajam, dan tanpa aberasi ungu yang biasanya mengelilingi setiap benda langit saat melakukan pengamatan.

Di pasaran, teleskop ini dibanderol seharga mulai Rp5 juta hingga Rp5,6 juta.

Beli Celestron PowerSeeker 127EQ di tautan ini.

Celestron AstroMaster 130EQ
Celestron AstroMaster 130EQ. Kredit: Celestron
Dengan aperture 130mm, teleskop jenis reflektor ini dirancang terutama untuk memberikan pengalaman pengamatan benda-benda langit dengan sudut pandang yang luar biasa. Kamu dapat mengamati objek langit jauh seperti komet, nebula, galaksi, gugus bintang, dan banyak lagi dengan teleskop ini.

Dilengkapi dengan tripod jenis CG-3 yang kokh dan stabil, teleskop ini memiliki kemampuan kontrol gerak yang mudah digunakan. Teleskop ini memungkinkan kamu dengan mudah menemukan benda-benda angkasa dengan melacaknya secara manual maupun otomatis dengan tambahan motor drive. Dengan begitu, teleksop ini sangat cocok bagi kamu yang berminat dalam astrofotografi!

Di pasaran, teleskop ini dibanderol mulai Rp7,1 juta hingga Rp7,8 juta.

Beli Celestron AstroMaster 130EQ di tautan ini atau di sini.

Nah, itulah enam teleskop dengan harga yang cukup terjangkau bila kamu mencari teleskop berkualitas tinggi bagi pemula. Selamat menabung untuk mendapatkan teleskop pertamamu!