Mengamati Venus Bersanding dengan Gugus Bintang Pleiades

Letak Venus dan gugus bintang Pleiades, 5 Juli 2017. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Beberapa menit sebelum Matahari terbit pada 5 Juli 2017, cobalah untuk mengamati langit, tengok ke arah timur dan Anda bisa menemukan planet Venus yang berada di dekat gugus bintang Pleiades.

Pleiades sendiri merupakan sebuah gugusan bintang yang cukup terang dan sangat mudah dilihat dengan mata telanjang. Bila Anda memiliki penglihatan yang baik, Anda dapat melihat hingga 7 bintang terang pada gugus bintang Pleiades. Inilah mengapa Pleiades juga dijuluki sebagai "Seven Sisters".

Namun, bila Anda memiliki binokuler, Anda dapat melihat puluhan bintang terang pada gugus bintang Pleiades. Dan jika Anda melihatnya melalui teleskop, jumlah bintang yang terlihat di gugus bintang Pleiades akan mencapai ratusan bintang!

Venus yang saat ini berada di depan rasi bintang Taurus membuatnya berada seolah bersebelahan dengan gugus bintang Pleiades. Pada subuh 5 Juli 2017, planet Venus dan gugus bintang Pleiades hanya akan terpisah sejauh 6 derajat satu sama lain.

Dalam pandangan mata telanjang, Venus akan muncul bagaikan bintang dengan cahaya paling terang di langit, cahayanya pun akan stabil dan tidak berkelap-kelip. Sementara itu, gugus bintang Pleiades akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:

Gugus bintang Pleiades (kiri atas) dan bintang megaraksasa merah Aldebaran. Kredit: Martin Mathadinata
Namun, walaupun bisa diamati dengan mudah tanpa alat bantu pengamatan, penggunaan binokuler atau teleskop akan sangat membantu, terlebih bila Anda ingin melihat penampilan planet Venus dan gugus bintang Pleiades lebih jelas.

Untuk yang mau mengamati, carilah lokasi pengamatan yang arah langit timurnya tidak terhalang bangunan tinggi atau pegunungan. Lokasi yang jauh dari polusi cahaya juga disarankan. Mulailah pengamatan beberapa menit sebelum subuh, ketika langit masih lagi gelap. Jangan lakukan pengamatan selepas jam 5 pagi, sebab cahaya fajar terlalu silau sehingga Pleiades meredup.

Ingin memotretnya? Anda bisa gunakan kamera DSLR. Dengan lensa 18-55mm, memotret momen dekatnya planet Venus dengan gugus bintang Pleiades sudah cukup baik.

Bangunlah lebih pagi dan selamat observasi!