Saran pencarian

GALERI: Minimoon 9 Juni 2017 di Indonesia

Minimoon baru saja kita amati sepanjang malam mulai senja 9 Juni hingga menjelang Matahari terbit 10 Juni. Di Instagram, kami mendapatkan banyak foto-foto Minimoon kiriman followers. Di sini, kami telah memilih foto-foto terbaiknya!
Perbandingan Minimoon, Bulan Purnama biasa, dan Supermoon. Kredit: Fredy Purnomo (@purnomofredy)
Info Astronomy - Minimoon baru saja kita amati sepanjang malam mulai senja 9 Juni hingga menjelang Matahari terbit 10 Juni. Di Instagram, kami mendapatkan banyak foto-foto Minimoon kiriman followers. Di sini, kami telah memilih foto-foto terbaiknya!

Sekadar informasi, Minimoon sendiri merupakan peristiwa Bulan Purnama apogee, atau Bulan Purnama yang terjadi ketika Bulan berada di jarak terjauhnya dari Bumi. Minimoon 7% lebih kecil dari Bulan Purnama biasa dan 14% lebih kecil dari Supermoon.

Secara kasat mata, Minimoon semalam memang tak terlihat kecilnya. Namun, foto di atas merupakan perbandingan ukuran sudut Minimoon (bagian depan, 9 Juni 2017), Bulan Purnama biasa (tengah, 12 Maret 2017), dan Supermoon (belakang, 14 November 2016).

Berikut ini adalah foto-foto Minimoon 9 Juni 2017:

Perbandingan Bulan Purnama dengan Minimoon 9 Juni 2017. Kredit: Ahmad Hidayattullah
Minimoon 9 Juni 2017 di balik awan. Sumberbrantas, Jawa Timur. Kredit: Martin Marthadinata
Close-up Minimoon 9 Juni 2017. Malang, Jawa Timur. Kredit: Firda Awalia Putri
Bulan Purnama terkecil tahun 2017. Kredit: Fanny Al Muqit
Minimoon hampir terbenam, 10 Juni 2017. Kota Batu, Jawa Timur. Kredit: Yossi (@yusyaalfa)
Nah, itulah foto-foto Minimoon 9 Juni 2017 terbaik yang telah dibagikan teman-teman di Instagram. Terima kasih untuk semua yang sudah berbagi indahnya Minimoon di langit daerah masing-masing!

Jangan lupa, 7-8 Agustus 2017 nanti akan terjadi Gerhana Bulan Parsial yang bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Info lengkap terkait gerhana bisa dibaca di sini: infoastronomy.org/gerhana2017
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.