Apa Itu "Earthshine"?

Earthshine pada permukaan Bulan sabit. Kredit: Susan Gies Jensen
Info Astronomy - Ketika kamu sedang melihat Bulan sabit sesaat setelah Matahari terbenam atau sebelum Matahari terbit, kamu mungkin pernah melihat permukaan Bulan yang tak tersinari Matahari dengan cahaya yang samar. Apakah karena Bulan transparan?

Jawabannya, tentu tidak. Bulan tidak transparan. Cahaya samar atau redup di bagian Bulan sabit yang gelap itu merupakan cahaya yang dipantulkan dari Bumi, yang populer disebut sebagai sinar Bumi atau Earthshine.

Tapi, memangnya Bumi bersinar? Dasar antek NASA!1!!11!

Sama seperti Bumi, Bulan berbentuk bulat. Karena bentuk bulat inilah hanya sebagian bagian Bulan (dan Bumi) saja yang diterangi oleh sinar Matahari. Saat kita melihat Bulan sabit di barat setelah Matahari terbenam, atau di timur sebelum fajar, kita secara otomatis sedang melihat secuil dari setengah bagian Bulan yang diterangi Matahari.

Jika kita melihat cahaya sabit di Bulan, cahaya itu berasal dari sinar Matahari. Sementara bagian Bulan yang gelap saat fase Bulan sabit sedang mengalami malam hari karena tidak tersinari Matahari. Sama kasusnya dengan siang dan malam yang terjadi di Bumi kita.

Namun, kadangkala kita masih bisa melihat bagian malam pada Bulan sabit itu. Kita lalu menyadari bahwa bagian malam Bulan ternyata tidak segelap yang disangka, seolah-olah ia bersinar walaupun tidaklah sesilau bagian siangnya yang tersinari Matahari.

Dari mana datangnya cahaya yang menyinari bagian malam Bulan itu? Jawabannya adalah dari Bumi. Planet kita memang tidak membangkitkan cahayanya sendiri, sebab Bumi bukanlah bintang.

Tetapi, cahaya Matahari yang menyinari Bumi lah yang telah dipantulkan oleh Bumi ke ruang angkasa, mengenai Bulan, sehingga bagian malam Bulan pun akan tampak cerah sedikit dan tidak 100% gelap.

Infografis sederhana dari Earthshinefoundation.org ini mungkin dapat memperjelas apa itu Earthshine:

Proses terbentuknya Earthshine. Kredit: Earthshine Foundation
Semoga menambah wawasan!
BERIKAN KOMENTAR ()