Mengapa Kita Bisa Melihat Venus di Langit Malam?

Info Astronomy
 - Venus diketahui merupakan planet yang berada lebih dekat dengan Matahari dibandingkan dengan Bumi. Namun, kita bisa melihat Venus di langit malam yang secara logika seharusnya tidak bisa. Mengapa demikian?

Secara logika, memang benar, tapi juga salah. Bagaimana kita bisa melihat Venus yang muncul bagaikan bintang ketika orbitnya berada di dalam orbit planet kita? Tampaknya, pertanyaan ini menyiratkan bahwa orbit planet yang ada di dalam orbit Bumi tidak akan pernah terlihat di langit malam.

Pertanyaan (atau pernyataan) itu setengah benar. Namun, Venus tidak pernah terlihat berseberangan langsung dengan posisi Matahari di langit Bumi, yang akan membuatnya muncul di langit atas kepala pada tengah malam. Posisi semacam itu hanya bisa terjadi pada planet-planet di luar orbit planet kita.

Dari observasi diketahui, dua planet yang mengorbit di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus, selalu tampil relatif dekat dengan Matahari di langit kita. Elongasi maksimum Merkurius sendiri adalah sekitar 28°, sementara Venus tidak pernah mencapai lebih dari 45° dari Matahari.

Karena selalu dekat dengan Matahari inilah, kedua planet tersebut sebenarnya paling mudah untuk dilihat baik sebelum Matahari terbit atau sesaat setelah Matahari terbenam. Belum ada bukti atau observasi Merkurius dan Venus yang dilakukan pada tengah malam, karena memang tidak akan pernah bisa terjadi.

Semuanya bermuara pada geometri melingkar dan bulat. Diagram di bawah ini menunjukkan apa yang terjadi dan menggambarkan oposisi dan elongasi planet dalam bersama dengan beberapa istilah astronomi lainnya:

Diagram posisi planet relatif terhadap orbit Bumi. Kredit: Wikimedia Commons

Dari diagram di atas, kita bisa melihat bahwa planet dalam (inner-planet) hanya bisa diamati dari Bumi ketika berada pada masa-masa elongasi timur maksimum (greatest-eastern elongation) dan pada elongasi barat maksimum (greatest-western elongation). Bila planet dalam berada di konjungsi inferior dan super-konjungsi, maka ia tidak akan terlihat karena berada sangat dekat dengan Matahari dalam pandangan dari Bumi.

Sebaliknya, planet luar (outer-planet) bisa diamati kapan saja baik pada quadratur timur, quadratur barat, dan oposisi. Kecuali, pada saat konjungsi, planet luar berada di "belakang" Matahari dalam padangan dari Bumi, sehingga ia tak bisa teramati.

Jadi, pada intinya, mengapa Venus bisa terlihat di langit malam? Jawabannya adalah, Venus tidak pernah terlihat di langit malam. Venus hanya bisa muncul di langit timur saat dini hari (mulai pukul 03.00 dini hari sampai Matahari terbit) dan langit barat saat senja (mulai Matahari terbenam sampai sekitar pukul 19.00). Selebihnya, Venus masih belum terbit atau sudah terbenam.

Lalu, mengapa Venus bisa bersinar padahal ia adalah sebuah planet? Itu disebabkan karena ia tersinari oleh Matahari. Cahaya dari Matahari dipantulkan Venus ke mata kita. Untuk membuktikan ini, kita dapat melihat Venus melalui teleskop, yang mana nantinya kita akan melihat Venus dalam fase sabit.

• Brown, M. E., & Batygin, K. (2019). Orbital clustering in the distant Solar system. The Astronomical Journal, 157(2), 62.
  • Mogavero, F., & Laskar, J. (2021). Long-term dynamics of the solar system inner planets. arXiv preprint arXiv:2105.14976.
  • Scafetta, N. (2020). Solar oscillations and the orbital invariant inequalities of the solar system. Solar Physics, 295(2), 33.