Tata Surya Pernah Punya Planet Mini di Dekat Mars

Ilustrasi. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Planet Mars berbagi orbit dengan sekelompok kecil asteroid yang disebut Trojan. Dan sekarang, tim astronom internasional menggunakan Very Large Telescope di Cile telah menemukan bahwa sebagian besar asteroid Trojan tersebut memiliki komposisi yang sama; mereka disinyalir merupakan sisa-sisa planet mini di Tata Surya.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Masyarakat Astronomi Amerika, tim astronom yang dipimpin oleh Apostolos Christou dan Galin Borisov dari Armagh Observatory dan Planetarium di Irlandia Utara melihat sejumlah asteroid Trojan yang mengorbit pada bidang yang sama seperti Mars.

Asteroid Trojan adalah sekumpulan asteroid yang berbagi orbit dengan planet besar dengan orbit yang stabil pada titik orbit yang disebut Langrangian Point. Kumpulan asteroid Trojan paling banyak adalah Trojan Jupiter, yang diperkirakan berjumlah sekitar 6.000 asteroid.

Walau begitu, belakangan planet Mars juga memiliki asteroid Trojan yang berbagi orbit dengannya, walau tak sebanyak yang dimiliki Jupiter. Sejauh ini, para astronom telah menemukan sembilan asteroid Trojan di sekitar Mars, beberapa di antaranya mungkin memiliki asal-usul yang sama. Hal ini menunjukkan mereka berasal dari objek yang sama sebelum terpecah.

Untuk mencapai kesimpulan ini, para astronom yang menggunakan Very Large Telescope (VLT) memeriksa cahaya yang datang dari dua asteroid Trojan di sekitar Mars yang disebut (385250) 2001 DH47 dan (311999) 2007 NS2. Mereka membandingkan kedua asteroid Trojan ini dengan asteroid Trojan Mars yang lain yang disebut 5261 Eureka.

Hasilnya, tujuh Trojan Mars berhasil diketahui bahwa mereka berkelompok di sekitar 5261 Eureka pada titik L5 Lagrangian, dengan sisa satu Trojan lainnya mengorbit di sisi lain dari bidang orbit Mars. Hal ini sudah mengisyaratkan bahwa mereka memang berasal dari objek yang sama.

Ilustrasi posisi Trojan Mars. Kredit: Apostolos Christou
Tim astronom ini juga menemukan bahwa tujuh Trojan Mars memiliki komposisi yang sangat mirip dengan 5261 Eureka. Terlebih lagi, mereka juga sebagian besar terdiri dari olivin, yang merupakan mineral yang biasanya membentuk tekanan tinggi dan suhu yang berhubungan dengan objek besar.

Ini menunjukkan hipotesis yang menyatakan bahwa asteroid ini semua berasal dari planet mini, atau planetesimal, mungkin saja benar. "Penjelasan paling sederhana dari mengapa hal ini bisa terjadi adalah bahwa mereka mungkin berasal dari objek yang sama dan lalu terpecah," kata Christou.

Planetesimal sendiri adalah seperti Bumi, memiliki kerak, mantel, dan inti melalui proses diferensiasi namun telah lama hancurkan oleh peristiwa tabrakan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa awal pembentukannya, Tata Surya memiliki banyak planetesimal seperti ini, yang mungkin kini sudah terpecah menjadi asteroid atau bahkan menjadi satelit alami planet-planet raksasa gas.

Sumber: Phys.org, Armagh Observatory, arXiv.org.