Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Laporan Cuaca dari Planet Proxima b

Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Tata Surya kita (berjarak "hanya" 4,28 tahun cahaya) semakin banyak mendapat perhatian saat ini. Ia menjadi rumah sebuah planet asing yang dinamai Proxima Centauri b atau Proxima b saja yang massanya sekitar 1,3 massa Bumi.
Ilustrasi planet Proxima b. Kredit: ESO/M. Kornmesser
Info Astronomy - Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Tata Surya kita (berjarak "hanya" 4,28 tahun cahaya) semakin banyak mendapat perhatian saat ini. Ia menjadi rumah sebuah planet asing yang dinamai Proxima Centauri b atau Proxima b saja yang massanya sekitar 1,3 massa Bumi.

Tak hanya itu, Proxima b juga mengorbit bintang Proxima Centauri di zona laik huni, sehingga memungkinkan adanya air dalam bentuk cair untuk eksis di permukaannya. Proxima Centauri sendiri adalah bintang kerdil kelas-M dengan massa hanya sekitar sepersepuluh massa Matahari dan luminositas sekitar satu-seperseribu dari luminositas Matahari.

Dengan begitu, diketahui bahwa Proxima Centauri merupakan bintang yang redup, sehingga zona laik huninya adalah dua puluh kali lebih dekat daripada jarak antara Bumi ke Matahari. Saking dekatnya planet Proxima b ke bintang Proxima Centauri, hal tersebut membuat sang planet hanya butuh 11,3 hari untuk sekali berevolusi.

Sekadar informasi, bintang kerdil kelas-M adalah jenis bintang yang paling melimpah populasinya di alam semesta. Dengan jari-jari bintang kerdil yang kecil, mereka menjadi target yang relatif mudah untuk berburu planet asing dengan metode transit, yakni ketika sang planet merlintas di depan wajah bintang inangnya.

Seperti Apa Cuaca di Proxima b?

Perkiraan statistik baru-baru ini telah menyimpulkan bahwa setengah dari bintang kerdil kelas-M mungkin menjadi tuan rumah sebuah planet ekstrasurya yang memiliki diameter antara 0,5 hingga 1,4 jari-jari Bumi yang juga mengorbit di zona laik huni.

Namun, walaupun berada di zona laik huni, sebuah planet yang mengorbit bintang kerdil kelas-M dapat terkena dampak atau bahaya tertentu. Sebagian besar bintang kerdil kelas-M mengeluarkan radiasi yang jauh lebih banyak daripada radiasi yang diproduksi bintang seperti Matahari.

Radiasi tersebut bervariasi dari dalam bentuk UV, UV ekstrem, dan sinar-X. Radiasi ini bisa mengenai atmosfer sebuah planet yang mengorbitnya, terutama ketika planet tersebut berada di zona laik huni terdalam.

Hal inilah yang membuat para astronom bertanya-tanya apakah planet seperti Proxima b dapat mempertahankan atmosfernya atau tidak mengingat bintang Proxima Centauri merupakan bintang kerdil kelas-M.

Selain dari radiasi, bahaya lain yang ditimbulkan oleh bintang kerdil kelas-M adalah aktivitas magnetik bintangnya, yang tidak hanya memproduksi radiasi korosif, tetapi juga mendorong angin bintang dan partikel bermuatan dari inti bintang untuk menghancurkan atmosfer planet yang mengorbitnya sehingga menurunkan potensi kelaikhunian.

Cecilia Garraffo, Jeremy Drake, dan Ofer Cohen dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics baru-baru ini telah memulai program untuk melakukan simulasi angin bintang dan medan magnet untuk bintang Proxima Centauri terhadap planet Proxima b.

Mereka menemukan bahwa tekanan dari angin bintang Proxima Centauri terhadap planet Proxima b adalah sekitar seribu sampai sepuluh ribu kali lebih tinggi dari tekanan angin surya yang diterima Bumi dari Matahari.

Dengan begitu, atmosfer Proxima b juga mungkin mengalami kondisi angin supersonik. Cuacanya juga akan sangat ekstrem sehingga mungkin akan memiliki efek negatif yang signifikan pada setiap kehidupan di dalamnya.


Sumber: The Astrophysical Journal Letters
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.