VIDEO: Ketika Empat Planet Asing Mengitari Bintang Induknya

Berkat observasi panjang selama sekitar 8 tahun, astronom Kanada dan Amerika Serikat berhasil membuat video menakjubkan yang menampilkan empat planet ekstrasurya yang sedang mengitari bintang induk mereka.
Tangkapan layar video empat planet asing yang mengitari bintang induknya. Kredit: Jason Wang/Christian Marois
Info Astronomy - Berkat observasi panjang selama sekitar 8 tahun, astronom Kanada dan Amerika Serikat berhasil membuat video menakjubkan yang menampilkan empat planet ekstrasurya yang sedang mengitari bintang induk mereka.

Sistem bintang yang diobservasi ini disebut HR 8799, terletak pada jarak sekitar 129 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Sistem bintang ini diketahui merupakan sistem bintang yang berusia sangat muda, yakni kurang dari 30 juta tahun.

Bintang HR 8799 ini diorbiti oleh empat planet ekstrasurya (planet yang berada di luar Tata Surya kita) yang berukuran besar. Diperkirakan keempat planet ekstrasurya tersebut memiliki massa yang sedikit lebih besar dari massa Jupiter, dan mengorbit pada jarak 15-68 kali lebih jauh dari orbit Bumi dalam mengelilingi Matahari.

Menariknya, gerak orbit keempat planet ini memiliki resonansi orbital, di mana periode orbit dua planet dalam jauh lebih cepat daripada periode orbit dua planet terluarnya.

Citra sistem bintang ini dikumpulkan oleh Dr Christian Marois dari Herzberg Institute of Astrophysics. Dia dan timnya menggunakan citra tersebut untuk meneliti gerak orbital dari empat planet asing ini. Sementara Jason Wang dari University of California, Berkeley, merangkai citra dari Dr. Marois menjadi video.

Para astronom mendapatkan citra sistem bintang ini menggunakan instrumen Gemini Planet Imager, salah satu instrumen yang melekat pada Observatorium Gemini Selatan di Cile.

Bila Anda sudah penasaran, berikut videonya: