Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Mosaik Kutub Utara Planet Merah Dari Wantariksa Mars Express

Wahana antariksa nirawak Mars Express milik Agensi Antariksa Eropa (ESA) baru-baru ini mengirimkan sebuah mosaik baru dari orbit planet Mars. Mosaik tersebut memperlihatkan luasnya tudung es dan palung-palung gelap di wilayah kutub utara Planet Merah.
Kutub utara Mars yang terlihat bagai cokelat bercampur es krim vanila. Kredit: ESA/Mars Express
Info Astronomy - Wahana antariksa nirawak Mars Express milik Agensi Antariksa Eropa (ESA) baru-baru ini mengirimkan sebuah mosaik baru dari orbit planet Mars. Mosaik tersebut memperlihatkan luasnya tudung es dan palung-palung gelap di wilayah kutub utara Planet Merah.

Dilansir situs web resmi ESA, mosaik kutub utara Mars ini berhasil dibuat dari 32 orbit individu wahana antariksa Mars Express antara tahun 2004 hingga 2010, dan mencakup area seluas sekitar satu juta kilometer persegi.

Tudung es di wilayah kutub Mars merupakan sebuah fitur permanen. Pada musim dingin di Mars yang sedang berlangsung saat ini, suhu yang cukup dingin di sana mampu mengendapkan sekitar 30 persen es kering (karbon dioksida) dari atmosfer planet menjadi salju yang turun di wilayah kutub.

Sementara selama musim panas nanti, suhu hangat di sana akan membuat sebagian besar es karbon dioksida tadi langsung menjadi gas dan melayang ke atmosfer, meninggalkan lapisan air es di permukaan Mars yang berkarat.

Angin kencang di Mars juga diperkirakan telah memainkan peran penting dalam membentuk tudung es dari waktu ke waktu. Angin tersebut diperkirakan bertiup dari ketinggian pusat menuju wilayah yang lebih rendah.

Mosaik lainnya dari tudung es di kutub utara Mars. Kredit: ESA/Mars Express
Salah satu fitur yang sangat menonjol di wilayah kutub utara Mars adalah ngarai yang memiliki kedalaman sekitar 2 km serta memiliki panjang sekitar 500 km. Ngarai tersebut tampak pada mosaik kedua di atas pada bagian tengah citra.

Ngarai tersebut dikenal sebagai Chasma Boreale, diduga menjadi fitur permukaan Mars yang telah terbentuk sejak lama, bahkan telah terbentuk sebelum Mars memiliki tudung es. Chasma Boreale sendiri memang diketahui merupakan sebuah ngarai besar di tudung es kutub utara Mars, ia terletak di wilayah bernama Mare Boreum, 83° lintang utara dan 47,1° bujur barat.

Es kering sendiri membutuhkan suhu sekitar minus 193 derajat Fahrenheit (minus 125 Celcius) agar bisa terbentuk, memperkuat dugaan betapa dinginnya permukaan Mars.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.