Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Mengenal Parsec, Satuan Jarak Antariksa Selain Tahun Cahaya

Jika Anda telah menyelam lebih dalam di astronomi, atau Anda penggemar Star Wars, maka kemungkinan Anda pernah mendengar istilah parsec. Apa itu parsec? Mari mengenalnya lebih jauh.
Ilustrasi parsek. Kredit: Highline.edu
Info Astronomy - Jika Anda telah menyelam lebih dalam di astronomi, atau Anda penggemar Star Wars, maka kemungkinan Anda pernah mendengar istilah parsec. Tapi, apa itu parsec? Mari mengenalnya lebih jauh.

Pada dasarnya, parsec bukanlah satuan waktu, melainkan merupakan satuan jarak yang digunakan untuk mengukur jarak astronomis antar-objek di luar Tata Surya kita. Parsec adalah kepanjangan dari "Parallax of one arc second" atau "Paralaks dari satu detik busur." 1 parsec setara dengan jarak 3,26 tahun cahaya.

Satuan parsec ini didasarkan pada metode paralaks trigonometri, metode standar yang digunakan untuk menentukan jarak bintang. Sudut yang dibuat oleh bintang terhadap jari-jari dari orbit Bumi mengelilingi Matahari itulah yang disebut paralaks.

Parsec didefinisikan sebagai jarak suatu bintang yang memiliki paralaks sebesar 1 detik busur dari Bumi. Parsec juga merupakan jarak di mana dua benda yang terpisah pada jarak 1 AU (Astronomical Unit) tampak terpisah oleh sudut sebesar 1 derajat busur.

Para astronom biasanya menyatakan jarak ke objek-objek langit menggunakan satuan parsec ini selain menggunakan satuan tahun cahaya. Hal ini disebabkan karena satuan ini dapat menghindari faktor konversi seperti panjang dari 1 AU yang dapat mempersulit perhitungan.

Pengukuran jarak benda langit dari Bumi dalam satuan parsec merupakan suatu aspek penting dalam bidang astrometri, atau ilmu yang mempelajari pengukuran posisi benda langit. Karena pergeseran paralaks yang sangat kecil, metode paralaks yang diukur dari permukaan Bumi hanya dapat melakukan pengukuran baik pada bintang berjarak tidak lebih dari 325 tahun cahaya, atau sekitar 100 parsec, sama dengan paralaks yang tidak lebih kecil dari 1/100 detik busur.

Tidak ada bintang dengan paralaks 1 detik busur. Semakin besar paralaks sebuah bintang, berarti semakin dekat jarak bintang itu ke Bumi, dan semakin kecil pula jaraknya dalam parsec. Sebagai contoh, bintang terdekat ke Bumi memiliki paralaks terbesar, bintang ini adalah Proxima Centauri, dengan paralaks 0,77233 detik busur, yakni berjarak 1,29 parsec, atau 4,22 tahun cahaya.

Pada intinya, jika kita mengukur sudut paralaks sebuah objek dan mendapatkan hasil bahwa paralaksnya adalah 1 detik busur, maka jarak menuju objek tersebut adalah 1 parsec.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.