Lima Planet Tata Surya Bakal Muncul Sepanjang Januari 2017

Mars, Saturnus, dan Antares di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Timur. Kredit: Martin Mathadinata
Info Astronomy - Mengawali tahun yang baru ini, lima planet Tata Surya mulai dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus bakal muncul mulai dari senja hingga menjelang Matahari terbit. Bagaimana cara mengamati kelimanya?

Dua dari lima planet bakal tampak lebih menonjol di langit Januari 2017 ini. Keduanya adalah Venus yang muncul di langit senja hingga malam, dan Jupiter yang muncul di langit dini hari hingga terbit fajar. Venus menjadi planet paling terang dari kelima planet ini, bahkan Venus menjadi objek paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan.

Berikut ini penjelasan lengkap untuk menemukan masing-masing planet:

Venus Si "Bintang Senja"

Oke, Venus bukan bintang, ia adalah sebuah planet. Tetapi, orang-orang awam yang tidak tahu kalau itu adalah planet bakal menyebutnya sebagai bintang. Jarak Venus yang jauh dari Bumi membuatnya tampak hanya seperti bintang saja, sebuah bintang yang sangat terang dan tidak berkelap-kelip.

Dalam beberapa minggu terakhir ini, Anda mungkin telah sering memperhatikan adanya bintang terang di langit barat saat senja, itulah sang "Bintang Senja" alias planet Venus. Hari ini, 2 Januari 2017, planet Venus bakal tampak di sebelah Bulan, sehingga akan memudahkan Anda menemukan Venus (walau sebenarnya sudah sangat mudah kendati tanpa adanya Bulan).

Letak Venus dan Bulan. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Planet Venus dan Bulan akan tampak bersebelahan di langit Bumi, dengan Venus dan Bulan yang keduanya hanya akan terpisah sejauh 1°54'. Bulan akan berusia 4 hari, dengan begitu ia masih dalam fase sabit muda.

Planet Mars di Sebelah Timur Venus

Setelah muncul sangat terang di langit malam pada Mei dan Juni 2016, Mars saat ini meredup (meskipun masih muncul dengan warna kemerahan yang khas). Berterima kasihlah kepada Venus, karena berkatnya kita akan lebih mudah menemukan Mars yang berada beberapa derajat di arah timurnya.

Mars muncul di langit barat saat senja berbarengan dengan Venus. Ia muncul dengan cahaya kemerahan yang tidak berkelap-kelip layaknya bintang. Mars akan terus muncul di barat saat senja hingga 27 Juli 2017. Meski begitu, kenampakan Mars di langit malam akan terus meredup.

Saturnus Kembali ke Langit Dini Hari

Pada tanggal 10 Desember 2016, planet Saturnus telah melakukan transisi dari langit malam untuk berpindah ke langit dini hari. Pada awal Januari ini, Saturnus bakal terbit di timur sekitar dua jam sebelum Matahari terbit. Dan pada akhir Januari ini, Saturnus muncul beberapa jam sebelum Matahari terbit.

Saturnus sendiri merupakan planet terjauh yang dapat dengan mudah melihat dengan mata telanjang. Ia bakal muncul berwarna keemasan dengan cahaya yang stabil atau tidak berkelap-kelip. Sayangnya, dibutuhkan teleskop untuk melihat cincin Saturnus.

Planet Jupiter Merajai Langit Dini Hari

Jika Venus dijuluki sebagai "Bintang Senja", maka Jupiter lah yang menyandang gelar "Bintang Pagi". Untuk melihat Jupiter, carilah objek terang di langit timur saat subuh. Jupiter akan terbit di ufuk timur pada larut malam dan berada di titik tertinggi di langit timur beberapa jam sebelum Matahari terbit.

Planet Jupiter (tengah) dengan bintang Spica (kanan bawah) di langit Ungasan, Bali. Kredit: Sandi Astina Putra
Sepanjang Januari ini, bahkan untuk sepanjang tahun 2017, Jupiter akan berada di rasi bintang Virgo, dekat bintang Spica seperti yang dipotret pada foto di atas.

Jika Anda memiliki teleskop, tidak hanya akan melihat Jupiter yang tampak seperti bintang saja, melainkan Jupiter yang tampak dengan garis-garis atmosfernya serta empat satelit alami terbesar Jupiter, yakni Io, Europa, Ganimede dan Kalisto.

Merkurius di Langit Pagi

Dari kelima planet yang bakal muncul di sepanjang Januari, mungkin Merkurius menjadi planet paling sulit ditemukan, terlebih bagi Anda yang belum pernah mengamatinya.

Merkuius telah mengalami transisi dari langit malam ke langit pagi pada tanggal 28 Desember 2016. Untuk dapat mengamatinya, Anda bisa memulai pengamatan pada minggu kedua Januari 2017, ketika Merkurius sudah berada cukup jauh dari silau Matahari terbit.

Untungnya, planet Saturnus akan terbit lebih dahulu sebelum Merkurius, jadi kita bisa menggunakan Saturnus sebagai "bintang" pemandu untuk menemukan Merkurius yang terletak lebih dekat ke cakrawala timur.

Letak Merkurius dan Venus pada 11 Januari 2017. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Saat terbaik untuk mengamati Merkurius adalah pada 11 Januari 2017. Planet terdekat dengan Matahari ini akan tampak begitu terang, lebih terang dari biasanya, di langit timur saat fajar. Merkurius akan bersinar dengan magnitudo -2,2.

Sayangnya, Merkurius akan sedikit sulit untuk ditemukan karena berada tidak lebih tinggi dari 15° di atas horizon timur. Merkurius akan terbit pada 04:14 waktu setempat, atau 1 jam 34 menit sebelum Matahari terbit. Ia lalu mencapai ketinggian 16° di atas ufuk timur sebelum menghilang dari pandangan karena silau Matahari telah membirukan langit.

Nah, itulah lima planet Tata Surya yang bakal muncul sepanjang Januari 2017. Cukup menarik, bukan? Setelah menikmati sunset akan mendapat bonus Venus, dan jika rajin bangun pagi akan mendapat bonus Jupiter. Selamat observasi!