Planet Mars Juga Mengalami Musim Salju

Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Planet Mars masih menyimpan segudang misteri yang belum terungkap. Tapi seiring majunya teknologi manusia, kita akhirnya tahu satu per satu misteri Planet Merah, salah satunya adalah turunnya salju di sana.

Mars berada lebih jauh dari Matahari daripada Bumi sehingga ia memiliki suhu yang cukup dingin. Pada suhu dingin seperti itu, salju sangat memungkinkan untuk turun di Mars. Wahana antariksa Phoenix milik NASA pernah mendeteksi hujan salju dari awan Mars pada bulan September 2008. Namun, sebelum salju itu mencapai tanah, ia menguap.

Studi lainnya menggunakan wahana antariksa Mars Reconnaissance Orbiter mengungkapkan bukti jelas bahwa sebenarnya ada awan salju karbon dioksida yang melayang di langit Mars. Para ilmuwan di balik penelitian ini mengatakan bahwa awan ini cukup tebal untuk menghasilkan hujan salju di permukaan Planet Merah.

Di kutub selatan Mars tampak ada karbon dioksida beku abadi, yang bahkan bisa kita amati lewat teleskop di Bumi. Namun, para astronom masih belum sepenuhnya yakin bagaimana es kering itu bisa bertahan dan diendapkan di kutub selatan Mars. Itu bisa jadi akibat akumulasi salju yang turun atau benda yang mungkin membeku di udara pada permukaan tanah.

Es kering sendiri membutuhkan suhu sekitar minus 193 derajat Fahrenheit (minus 125 Celcius) agar bisa turun, memperkuat dugaan betapa dinginnya permukaan Mars.