Cosmic Latte: Warna Alam Semesta

Warna rata-rata di alam semesta. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Apa warna alam semesta? Anda mungkin akan menjawab warna hitam. Sayangnya, jika seluruh warna benda langit disatukan, warna rata-rata di alam semesta bukanlah hitam!

Warna rata-rata di alam semesta adalah krem, seperti yang digambarkan pada foto di atas. Warna ini ditemukan oleh sekelompok astronom dari John Hopkins University pada 2001, yang dipimpin oleh Karl Glazebrook dan Ivan Baldry. Pada awalnya, mereka menentukan warna dari alam semesta adalah putih kehijau-hijauan, tapi mereka segera mengoreksinya.

Hasil observasi dan analisa terbaru mereka lalu dipublikasikan dalam makalah penelitian “The 2dF Galaxy Redshift Survey: constraints on cosmic star-formation history from the cosmic spectrum” pada tahun 2002. Dalam esai baru ini, mereka melaporkan bahwa survei warna dari seluruh cahaya di alam semesta menghasilkan warna krem (abu-abu yang agak kuning).

Survei tersebut mengamati lebih dari 200.000 galaksi dan mengukur rentang spektral dari cahaya dari alam semesta yang besar. Nilai hexa RGB untuk warna alam semesta ini adalah #FFF8E7. Glazebrook menamai warna ini dengan sebutan “Cosmic Latte”.