Cincin di Sekitar Bintang Muda Tanda Adanya Pembentukan Planet

Cincin atau cakram protoplanet di bintang HD 163296. Kredit: ALMA
Info Astronomy - Sekelompok astronom internasional baru-baru ini berhasil melihat sepasang bayi planet yang baru saja terbentuk di sistem bintang muda yang terletak 400 tahun cahaya dari Bumi. Hal tersebut memberikan banyak pengetahuan menarik, dan penemuan ini juga telah dipublikasikan dalam Physical Review Letters.

Bintang muda yang dikenal sebagai HD 163296 tersebut diamati menggunakan teleskop radio Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Cile, yang telah meneliti gelombang radio dari 66 gas dan debu yang mengelilingi bintang. Tim ini lantas menemukan sesuatu yang unik di bintang HD 163296, yang diperkirakan sedang terjadi pembentukan dua planet seukuran Saturnus.

"Kami tentu percaya struktur cincin ini merupakan bagian dari planet yang baru lahir, tapi kami juga tidak bisa mengesampingkan penjelasan lain yang mungkin saja lebih tepat," kata pemimpin penulis Andrea Isella, dari Rice University, Houston, dalam sebuah pernyataan. "Namun pengamatan baru kami memberikan bukti menarik bahwa planet memang sedang terbentuk di sekitar bintang muda yang satu ini."

Isella dan rekan-rekannya melihat adanya konsentrasi karbon monoksida dalam sistem HD 163296 dan melihat ada beberapa gap pada cakram protoplanet yang mengitarinya. Gap yang berjumlah tiga tersebut diperkirakan berjarak lebih dari 100 kali jarak antara Bumi dan Matahari. Para astronom berasumsi bahwa gap tersebut merupakan indikasi adanya gas dan debu yang sedang bergabung menjadi satu planet utuh.

HD 163296 diperkirakan berusia 5 juta tahun dan memiliki massa dua kali massa Matahari. Sayangnya, sistem bintang yang satu ini tidak persis seperti apa yang terjadi pada Tata Surya kita 5 miliar tahun yang lalu, tetapi penelitan ini tetap memberikan petunjuk yang cukup untuk memperluas pengetahuan kita tentang pembentukan planet.