Saran pencarian

Komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková Mulai Tampak di Langit Bumi

Dalam beberapa pekan ke depan, jika memiliki teropong atau teleskop, kita bakal bisa mengamati kemunculan komet periodik bernama 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková di langit senja dengan magnitudo +10.
Komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková. Kredit: UniverseToday.com
Info Astronomy - Dalam beberapa pekan ke depan, jika memiliki teropong atau teleskop, kita bakal bisa mengamati kemunculan komet periodik bernama 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková di langit senja dengan magnitudo +8.

Komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková diperkirakan akan mencapai kecerahan maksimum sekitar akhir Februari 2017. Komet ini ditemukan oleh tiga astronom, yakni Minoru Honda, Antonin Mrkos dan L'udmila Pajdušáková pada 3 Desember 1948. Dari pengamatan ketiga astronom ini, diketahui komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková mengorbit Matahari sekali setiap 5,25 tahun pada periode orbit pendek.

Komet 45P di Jerman. Kredit: Fritz Helmut Hemmerich
Menjelang akhir tahun 2016 hingga awal tahun 2017 ini, komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková bisa diamati lewat teropong atau teleskop kecil. Komet ini bakal mencapai kecerahan maksimum dengan magnitudo +7 pada Januari sampai Februari 2017. Semakin kecil angka magnitudo, semakin terang benda langit tersebut.

Prospek pengamatan: Untuk memudahkan menemukan komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková di langit, catat tanggal ini; ia akan tampak cukup terang dengan magnitudo +7 saat melewati rasi bintang Hercules pada tanggal 11 Februari 2017. Kemudian ia akan melewati rasi bintang Corona Borealis, Boötes, Canes Venatici, Ursa Major sampai Leo hingga akhir Februari 2017.

Pada minggu kedua Februari 2017, komet ini bakal terlihat di langit fajar 82 derajat dari Matahari pada kecerahan maksimum. Oh iya, sebelumnya komet ini akan mencapai perihelion (titik terdekat dengan. Matahari) pada 29 Desember 2016, di mana jaraknya hanya 0, 53 Satuan Astronomi (SA) dari Matahari, dan 0,08 SA dari Bumi pada 11 Februari pukul 22:44 WIB.

Berikut beberapa tanggal penting untuk mengamati komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková:

23 November: Planet Venus berada 6° dari komet.

12 Desember: Komet mulai masuk magnitudo +10.

Selamat berburu komet!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.