Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Seandainya Galaksi Andromeda Lebih Terang

Andromeda adalah salah satu dari sedikit galaksi yang dapat kita lihat dengan mata telanjang di langit malam pada lokasi yang benar-benar gelap. Bahkan jika Anda menggunakan teleskop untuk mengamatinya, galaksi ini akan mengisi seluruh lensa mata.
Jika galaksi Andromeda tampak terang di langit. Kredit: Tom Buckley-Houston, Reddit
Info Astronomy - Andromeda adalah salah satu dari sedikit galaksi yang dapat kita lihat dengan mata telanjang di langit malam pada lokasi yang benar-benar gelap. Bahkan jika Anda menggunakan teleskop untuk mengamatinya, galaksi ini akan mengisi seluruh lensa mata.

Namun, yang kita lihat baik dengan mata telanjang maupun dengan teleskop hanya bagian inti galaksinya saja. Seperti Bima Sakti, Andromeda memiliki lengan spiral yang luas dan megah yang mengitari intinya.

Tapi sayangnya, dari Bumi, galaksi Andromeda hanya akan tampak dalam ukuran tidak lebih dari 3 derajat di langit. Para astronom menggunakan ukuran sudut derajat sebagai cara untuk mengukur seberapa besar sebuah objek luar angkasa di langit Bumi.

Sebagai perbandingan, diameter sudut Bulan adalah sekitar 0,5 derajat (atau sekitar setengah lebar ibu jari Anda). Dengan begitu, galaksi Andromeda adalah sekitar enam kali lebih besar diameter sudutnya daripada Bulan, persis seperti apa yang ditampilkan pada gambar.

Sayangnya, Andromeda tidak cukup terang untuk bisa dilihat sebesar itu. Bagian terangnya hanya intinya, dan itulan yang bisa kita amati. Galaksi Andromeda berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya, sehingga kenampakannya sangat redup.

Tahukah Anda? Kita bisa menemukan galaksi Andromeda di langit malam, lho! Galaksi ini dalam pandangan mata akan tampak bagai pita putih lonjong kecil bagai kabut di langit, dengan catatan Anda mengamatinya di wilayah yang bebas polusi cahaya dan cuaca sedang cerah.

Silakan simak kiat mengamati galaksi Andromeda di sini.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.