Dini Hari dari Permukaan Planet Mars

Suasana dini hari di planet Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Seperti apa suasana menjelang Matahari terbit di planet Mars? Jawabannya, sama cantiknya dengan momen sunrise di Bumi, seperti citra yang dikirim oleh robot penjelajah Spirit ini.

Robot penjelajah Spirit — kakak dari robot penjalah Curiosity — yang berhasil mendarat di permukaan bernama Meridiani Planum di planet Mars tahun 2004, berhasil mengabadikan momen saat sebelum Matahari muncul dari ufuk timur Planet Merah. Spirit mengambil citra ini menggunakan kamera navigasi (Navcam) pada tanggal 19 Agustus 2009, atau pada hari (atau sol) ke 2001 pascapendaratannya.

Spirit bukanlah satu-satunya robot yang didaratkan pada tahun 2004, melainkan bersama dengan robot Opportunity. Kedua robot itu sebenarnya adalah proyek NASA untuk mengeksplorasi tanda-tanda keberadaan air dan kehidupan di Mars pada masa lalu. Setiap harinya, robot kembar ini menerima satu set instruksi yang berbeda.

Telah menempuh jarak yang sangat jauh, hingga kini Spirit and Opprtunity berhasil mengirimkan 132.000 gambar yang mampu meyakinkan para ilmuwan tentang adanya air di planet Mars. Kedua robot kakak beradik itu kini sudah pensiun, digantikan oleh robot penjelajah Curiosity.