Wahana Antariksa New Horizons Telah Kirimkan Data Terakhir dari Pluto

Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Setelah satu setengah tahun mentransmisikan data penelitian, bit terakhir dari data misi wahana antariksa New Horizons yang terbang lintas dekat planet kerdil Pluto pada Juli 2015 akhirnya telah tiba di stasiun kontrol Bumi.

Terbang lintas dekat dengan Pluto pada Juli 2015 berlangsung sekitar 12 jam, dan wahana antariksa New Horizons sukses mengumpulkan sekitar 16 gigabita data. Karena ada begitu banyak data, butuh setengah tahun untuk mengirimkan kembali semua data itu, ditambah kecepatan transmisi data New Horizons hanya 1,4 kilobita per detik.

Data yang terakhir tiba di Bumi memiliki ukuran kurang lebih 50 megabita, dan terkirim ke data komputer yang berada di John Hopkins University Physics Laboratory di Maryland, Amerika Serikat pada awal pada 25 Oktober 2016.

Saat ini, para ilmuwan masih memilah-milah data untuk dipelajari, dan mungkin dalam waktu dekat akan muncul hasil penelitian lebih lanjut tentang Pluto dan kelima satelit alami yang dimilikinya, yakni Charon, Nix, Hydra, Kerberos, dan Styx.

"Ada banyak pekerjaan rumah bagi kami untuk meneliti seluruh data yang telah dikirim kembali ke Bumi," kata Alan Stern, kepala peneliti misi New Horizons dari Southwest Research Institute di Boulder, Colorado, AS, mengatakan dalam siaran pers.

Wahana antariksa New Horizons tidak memiliki misi untuk mengorbit Pluto, melainkan ia akan terus bergerak ke ruang antarbintang. Pada Januari 2019, New Horizons akan terbang lintas dekat objek es anggota Tata Surya kita yang disebut 2014MU69.