Ada Berapa Banyak Planet Dalam Sebuah Galaksi?

Kuartet galaksi. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Pada malam yang cerah dan tanpa polusi cahaya, kita dapat melihat banyaknya bintang di langit. Jumlah bintang yang kita lihat belum sebagian bintang di galaksi Bima Sakti. Setiap bintang, bisa saja memiliki planet. Jadi, kira-kira berapa banyak planet di setiap galaksi, ya?

Planet-planet terbentuk melalui cakram protoplanet saat bintang induknya lahir. Jadi, kemungkinan, sebagian besar bintang bisa diorbiti oleh minimal satu atau dua planet. Dengan perkiraan jumlah bintang di galaksi kita ada sekitar 100-400 miliar bintang, jumlah planetnya akan lebih banyak dari jumlah bintang tersebut.

Jumlah Planet per Bintang

Untuk bisa menjawab pertanyaan berapa jumlah planet pada sebuah galaksi, kita perlu mengetahui jumlah planet per bintang. Saat ini, total ada 2000-an lebih planet ekstrasurya (planet di luar Tata Surya kita) yang berhasil ditemukan. Sementara Tata Surya kita sendiri belum terpelajari sepenuhnya.

Jumlah 2000-an planet tersebut hanya diteliti dari sebagian kecil jumlah bintang di galaksi kita. Ibaratnya, jika galaksi adalah pizza, maka kita baru memakan satu buah potongan sosis kecil di atas satu juring pizza tersebut.

Definisi planet menurut Persatuan Astronomi Internasional adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah "membersihkan" daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal.

Menurut definisi tersebut, jumlah planet di Tata Surya kita ada delapan (dari Merkurius hingga Uranus). Jadi, mari kita asumsikan bahwa delapan planet yang ada dalam Tata Surya kita (tidak termasuk planet katai, objek sabuk kuiper dan satelit-satelit alami) merupakan rata-rata jumlah planet di setiap bintang di alam semesta. Dengan begitu, kalikan jumlah rata-rata ini dengan jumlah bintang yang ada di dalam Bima Sakti.

Jumlah Bintang

Saat ini, jumlah sebenarnya dari seluruh bintang di galaksi Bima Sakti masih menjadi perdebatan. Yang pada akhirnya memaksa para astronom membuat estimasi untuk jumlah tersebut. Hal ini dikarenakan kita berada di dalam Bima Sakti sehingga kesulitan mengetahui jumlah bintangnya.

Perkiraan jumlah bintang di Bima Sakti didasarkan pada perhitungan massa galaksi kita, dan setelah itu menghitung berapa banyak massa yang dibebankan oleh bintang. Berdasarkan perhitungan ini, para ilmuwan memperkirakan bahwa Bima Sakti berisi antara 100-400 miliar bintang seperti yang sudah disinggung di atas.

Dengan matematika, setelah mengetahui perkiraan jumlah bintang di Bima Sakti, kita kemudian dapat memperkirakan bahwa galaksi kita memiliki 800 miliar hingga 3,2 triliun planet, termasuk planet Bumi dan 7 planet lainnya di Tata Surya kita.

Sebanyak Itu? Apa Gunanya?

Jumlah planet yang banyak memang tidak ada gunanya untuk sebagian manusia, khususnya yang menganggap bahwa di alam semesta ini hanya ada Bumi yang merupakan satu-satunya planet.

Planet-planet di alam semesta yang amat banyak menurut perkiraan di atas bisa saja sebagian dari jumlah planet tersebut dihuni oleh kehidupan selain Bumi. Kita memang tidak tahu benar atau tidaknya keberadaan mereka. Namun, sejauh ini sudah ratusan planet ekstrasurya yang ditemukan memiliki status laik huni, bahkan kemungkinan memiliki air di permukaannya.

Dengan banyaknya planet selain Bumi, kita juga bisa belajar tentang bagaimana proses pembentukan planet di alam semesta. Kita juga bisa mempelajari seperti apa sifat-sifat planet di luar Tata Surya kita. Banyaknya jumlah planet, mungkin saja agar manusia mau belajar tentang siapa dirinya di alam semesta.

Pada intinya, tidak ada yang tahu pasti ada berapa banyak planet di sebuah galaksi. Jumlah-jumlah yang ada saat ini masih berupa estimasi atau perkiraan, namun perkiraan yang didasarkan pada data pengamatan yang presisi dan dapat dibuktikan kebenarannya.