Mengenal Bola Api, Meteor yang Sangat Terang

Bola Api atau Fireball yang muncul pada langit siang di Bangkok, Thailand. 7 September 2016. Kredit: Reuters
Info Astronomy - Pernah melihat peristiwa hujan meteor? Anda mungkin tak akan asing dengan bola api atau fireball. Bola api merupakan meteor yang sangat terang, bahkan bisa terlihat di langit siang hari. Mari mengenalnya lebih jauh.

Apa Itu Meteor?

Meteor adalah peristiwa masuknya meteoroid ke atmosfer Bumi, meteoroid tersebut terbakar saat mencoba memasuki atmosfer. Dalam pandangan mata, meteor terlihat melesat begitu cepat, seperti segores cahaya yang muncul lalu menghilang sekejap.

Jutaan meteoroid memasuki atmosfer Bumi setiap harinya. Mereka diyakini berasal dalam tata surya kita sendiri. Kebanyakan meteoroid yang memasuki atmosfer Bumi adalah partikel kecil dari komet ataupun asteroid.

Meteoroid memasuki atmosfer Bumi pada kecepatan yang sangat tinggi. Ketika memasuki atmosfer Bumi, meteoroid akan terbakar karena bergesekan dengan udara. Karena terbakar, maka meteoroid memanas, sehingga partikelnya yang terionisasi menghasilkan jejak uap bercahaya yang kita sebut "meteor." Meteor hanya muncul sekejap karena gas dari jejak uap mendingin dengan cepat.

Apa Itu Bola Api?

Bola api sejatinya adalah meteor biasa, namun berukuran lebih besar dan lebih terang. Sebuah bola api bisa seterang kenampakan planet Venus di langit Bumi. Seperti yang terlihat pada foto di atas, bola api bahkan bisa tampak di langit siang hari.

Terangnya bola api yang luar biasa ini biasanya disebabkan karena diameter meteoroid yang masih cukup besar, sekitar beberapa meter, saat mencoba memasuki atmosfer Bumi. Walaupun terlihat indah, beberapa bola api menghasilkan kebisingan suara, bahkan ada juga yang disertai dengan ledakan sonik yang dapat memekakkan telinga dan memecahkan kaca bangunan.

Anda memiliki kesempatan untuk melihat meteor atau bahkan bola api pada setiap malam yang cerah tanpa awan, atau pada saat puncak peristiwa hujan meteor. Peristiwa hujan meteor sendiri terjadi ketika Bumi, dalam orbitnya mengelilingi Matahari, bergerak melalui bekas orbit komet sehingga puing-puing komet tersebut akan masuk ke atmosfer Bumi karena tertarik gravitasi.

Ketika puncak hujan meteor, biasanya dapat mencapai puluhan hingga ratusan meteor per jamnya. Anda dapat melihat jadwal peristiwa hujan meteor sepanjang tahun 2016 di sini. Hujan meteor adalah peristiwa periodik, yang artinya akan selalu terjadi setiap tahunnya. Dapatkan juga jadwal hujan meteor sepajang tahun 2017 di sini.