Mengenal Antares, Bintang Paling Terang di Rasi Bintang Scorpius

Bintang Antares. Kredit: Fred Espenak, AstroPixels.com
Info Astronomy - Antares, atau juga dikenal sebagai Alpha Scorpii, merupakan bintang terang yang berwarna kemerahan. Ia adalah bintang paling terang di rasi bintang Scorpius. Mari mengenalnya lebih jauh.

Bagaimana cara menemukan Antares di langit malam? Mudah sekali. Karena Antares merupakan bintang paling terang di rasi bintang Scorpius, Anda tinggal menemukan rasi bintang tersebut dan mencari bintang terang berwarna kemerahan; itulah Antares.

Pada Oktober 2016, Antares akan muncul tinggi di atas cakrawala barat daya. Jika Anda memiliki teleskop, cobalah untuk melihat ke arah Antares, Anda akan melihat gugus bintang kecil yang dikenal sebagai M4 terletak di sebelah kanan dari bintang ini. (Lihat gambar di atas)

Antares adalah bintang paling terang ke-16 di langit malam, dan terletak di bagian selatan dari bola langit Bumi. Dengan begitu, bintang ini sangat mudah dilihat dari Indonesia.

Rasi bintang Scorpius. Kredit: Stellarium
Antares adalah sebuah bintang yang benar-benar besar, dengan radius lebih dari 3 Satuan Astronomi (SA), dimana 1 SA adalah jarak rata-rata Bumi ke Matahari (150 juta km). Jika--entah bagaimana caranya--Antares tiba-tiba menggantikan Matahari kita sebagai pusat Tata Surya, permukaan bintang tersebut akan meluas melewati orbit Mars!

Antares diklasifikasikan sebagai bintang maharaksasa merah kelas-M1. M1 menunjukan bahwa Antares memiliki warna kemerahan dan memiliki suhu yang lebih dingin dari bintang-bintang lainnya. Suhu permukaan Antares diperkirakan sekitar 5800 derajat Fahrenheit.

Meskipun Antares memiliki suhu permukaan yang relatif rendah, namun luas permukaan Antares sangat luar biasa. Hal tersebut membuat bintang ini tampak sangat cerah. Bahkan, Antares mendekati 11.000 kali kecemerlangan Matahari yang merupakan bintang kelas-G2.

Ilustrasi perbandingan Antares, Arcturus dan Matahari. Kredit: Wikimedia Commons
Si bintang merah Antares mirip tapi agak lebih besar dari bintang merah lain yang cukup terkenal, yakni Betelgeuse di rasi bintang Orion. Walau begitu, jika dibandingkan, Betelgeuse muncul sedikit lebih terang dari Antares di langit malam Bumi kita.

Data satelit Hipparcos menempatkan Antares terletak pada jarak sekitar 604 tahun cahaya, berbeda dengan jarak Betelgeuse yang relatif lebih dekat, yakni 428 tahun cahaya. Hal ini cukup menjelaskan mengapa bintang yang sebenarnya berdiameter lebih besar namun muncul lebih redup dari langit malam Bumi.

Seperti semua jenis bintang raksasa kelas-M, Antares telah dekat dengan akhir hayatnya. Suatu hari nanti, Antares akan kehabisan bahan bakar dan akan mengalami keruntuhan oleh gravitasinya sendiri. Antares akan meledak sebagai supernova besar, yang pada akhirnya akan meninggalkan bintang neutron kecil atau mungkin lubang hitam.

Ledakan supernova dari Antares ini tidak dapat diprediksi kapan terjadinya, bisa besok atau jutaan tahun dari sekarang. Namun yang jelas, supernova ini akan tampak spektakuler dilihat dari Bumi. Dan tenang saja, supernova Antares berada cukup jauh sehingga tidak ada kemungkinan bahaya untuk planet kita.