Menyambut Malam Pengamatan Bulan Internasional 2016

Save the date! 8 Oktober 2016 ditetapkan sebagai Malam Pengamatan Bulan Internasional tahun ini. Ini merupakan sebuah kegiatan mengamati Bulan baik dengan atau tanpa teleskop yang diselenggarakan lembaga maupun klub astronomi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Kredit grafis: Riza Miftah Muharram/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Save the date! 8 Oktober 2016 ditetapkan sebagai Malam Pengamatan Bulan Internasional tahun ini. Ini merupakan sebuah kegiatan mengamati Bulan baik dengan atau tanpa teleskop yang diselenggarakan lembaga maupun klub astronomi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Internasional Observe the Moon Night (InOMN) adalah sebuah acara tahunan yang disponsori oleh misi Lunar Reconnaissance Orbiter NASA dan organisasi-organisasi astronomi yang melakukan observasi, apresiasi, dan mengajarkan pemahaman tentang Bulan.

Semua orang di Bumi diundang untuk bergabung dalam perayaan InOMN dengan menyelenggarakan sebuah acara pengamatan Bulan atau ikut bergabung dengan klub astronomi terdekat. Diharapkan dengan adanya InOMN, semakin banyak orang yang bisa melihat keindahan dan belajar tentang Bulan bersama-sama.

InOMN pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010, dan biasanya ada lebih dari 500 acara setiap tahun di lebih dari 40 negara termasuk Indonesia, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, observatorium, lembaga pemerintahan, sekolah, museum, taman, perpustakaan, dan klub astronom amatir.

Mengapa Tanggal 8 Oktober 2016?

Pernahkah Anda melihat Bulan dengan teleskop? Jika pernah, Anda mungkin setuju jika InOMN tahun ini diselenggarakan pada 8 Oktober 2016. Sebab pada tanggal itu, Bulan memasuki fase kuartir awal, sebuah fase terbaik untuk melihat kawah-kawah Bulan.

Bulan dan tiga planet yang bisa diamati saat InOMN 2016. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Selain melihat Bulan dan kawah-kawahnya, pada Malam Pengamatan Bulan Internasional 8 Oktober 2016 mendatang kita juga bisa melihat planet Mars, Saturnus dan Venus. Ini kesempatan bagi Anda yang ingin melihat planet-planet tersebut lebih dekat; gabung dengan klub astronomi yang menyelenggarakan InOMN.

Untuk mengetahui di mana saja lokasi pengamatan Bulan pada InOMN 2016 di Indonesia, Anda dapat langsung mengunjungi situs web InOMN: http://www.lpi.usra.edu/observe_the_moon_night/attend/