Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Dapatkan Informasi Melintasnya Asteroid Dekat Bumi Lewat Surel

Asteroid selalu siap melintasi atau menabrak Bumi setiap saat. Namun, kebanyakan dari kita tidak tahu akan hal itu. Bagi orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap asteroid pengancam Bumi, kini Minor Planet Center (MPC) menyediakan layanan informasi kapan melintasnya asteroid dekat Bumi.
Ilustrasi asteroid saat melintasi Bumi. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Asteroid selalu siap melintasi atau menabrak Bumi setiap saat. Namun, kebanyakan dari kita tidak tahu akan hal itu. Bagi orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap asteroid pengancam Bumi, kini Minor Planet Center (MPC) menyediakan layanan informasi kapan melintasnya asteroid dekat Bumi.

Layanan yang disebut Daily Minor Planet adalah layanan peringatan yang akan dikirimkan ke surel sekali sehari. Surel tersebut tentu bukan "pepesan kosong" saja, melainkan berisi informasi tentang asteroid apa saja yang akan atau sedang berada di dekat Bumi.

Tidak hanya nama asteroidnya saja, surel tersebut juga memuat kapan asteroid berada di titik terdekat dengan Bumi (dalam waktu Universal Time), kecepatan asteroid, ukuran, jarak (yang dibandingkan dengan Bulan), serta lengkap dengan diagram orbitnya pula. MPC juga menyisipkan tautan pada surel yang akan membawa Anda ke dalam basis data yang berisi rincian lebih lanjut.

Tentunya tidak setiap hari ada asteroid yang bergerak dekat Bumi. Ketika tidak ada "pengunjung tak diundang" alias asteroid yang akan melesat melewati Bumi, laporan dalam surel hanya aan menampilkan informasi penemuan-penemuan asteroid baru, fakta menarik, dan informasi-informasi lainnya yang bermanfaat.

Bukan hanya melalui surel, MPC juga menyediakan versi situs webnya. Versi situs web memungkinkan Anda melihat Daily Minor Planet dalam dua mode yang berbeda: gaya web minimalis ("modern") dan gaya koran ("klasik").

Ide di balik proyek ini adalah untuk menyediakan informasi tentang asteroid yang akan lewat Bumi kepada seluruh masyarakat dunia. Mengingat saat ini tidak ada arsip asteroid yang terbuka untuk publik, masyarakat dianggap perlu mengetahui asteroid yang bergerak menuju Bumi dengan memeriksa situs web harian atau menggunakan layanan surel.

Tertarik untuk menggunakan layanan ini? Silakan kunjungi tautan berikut: Daily Minor Planet
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.