Asteroid Freddie Mercury untuk Mendiang Sang Penyanyi Rock

Ilustrasi. Kredit: NASA/Wikimedia Commons/Discovery News
Info Astronomy - Astrofisikawan Brian May, yang sebelumnya merupakan gitaris band rock legendaris asal Inggris tahun 1970, Queens, baru-baru ini merilis sebuah video yang mengumumkan bahwa sebuah asteroid telah diubah namanya menjadi nama penyanyi Queens Freddie Mercury, yang tutup usia pada tahun 1991.

"Untuk melihat asteroid ini, Anda butuh teleskop yang cukup kuat. Dalam pandangan teleskop, asteroid ini hanya nampak seperti sebuah titik cahaya, tetapi itu adalah titik cahata yang sangat spesial, dan mungkin suatu hari kita akan sampai ke sana," kata May dalam video.

Asteroid tersebut bernama resmi 17473 Freddiemercury, yang sebelumnya bernama 1991 FM3. Asteroid ini adalah asteroid terang yang terletak di sabuk asteroid, diameternya diperkirakan sekitar 3,4 kilometer. Asteroid ini ditemukan pada 21 Maret 1991, oleh astronom Belgia Henri Debehogne di La Silla Observatory milik European South Observatory (ESO) di Cile.

Asteroid 17473 Freddiemercury mengorbit Matahari pada jarak 2,0 sampai 2,8 SA (1 SA = 150 juta km) sekali setiap 3 tahun 8 bulan (1.349 hari). Orbitnya memiliki eksentrisitas 0,16 dan kemiringan 1° terhadap ekliptika.

Menurut survei yang dilakukan oleh misi NEOWISE dari NASA Wide-field Infrared Survey Explorer, asteroid yang berukuran 3,4 kilometer ini memiliki albedo permukaan yang cukup tinggi, yakni 0,313. Hingga tahun 2016 ini, komposisi asteroid, serta periode rotasi dan bentuk tetapnya masih belum diketahui.

Perubahan nama asteroid ini diresmikan pada tanggal 5 September 2016 oleh International Astronomical Union (IAU) dan Minor Planet Centre (MPC). IAU dan MPC memilih asteroid ini untuk diubah namanya karena asteroid ditemukan pada tahun yang sama dengan tahun sang penyanyi rock legendaris itu tutup usia.