Malam Ini, Dua Astronot Bakal 'Spacewalk' di Luar Stasiun Luar Angkasa

Jumat malam ini, 19 Agustus 2016, dua astronot NASA akan melakukan spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akan melakukan pemasangan gerbang baru untuk memudahkan kapsul antariksa komersial merapat di ISS.
Astronot Jerman Alexander Gerst melakukan spacewalk pada November 2014. Kredit: ESA
Info Astronomy - Jumat malam ini, 19 Agustus 2016, dua astronot NASA akan melakukan spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk melakukan pemasangan gerbang baru untuk memudahkan kapsul antariksa komersial merapat di ISS.

Kedua astronot tersebut adalah Komandan Ekspedisi 48 Jeff Williams dan Insinyur Penerbangan Kate Rubins dari Lembaga Antariksa AS. Dua astronot ini akan menggunakan dua baju astronot yang khas untuk berjalan ke luar ISS dan memasang modul yang sudah tiba di ISS sejak 20 Juli 2016. Ini akan menjadi spacewalk keempat dalam karir astronot Williams dan yang pertama untuk Rubins.

Komandan Williams dan Rubins, akan menyelesaikan pekerjaan instalasi modul ini selama kurang lebih 6,5 jam dan dijadwalkan mulai pada pukul 19:05 WIB malam ini (19/8). Nantinya, saat modul baru ini berhasil dipasang, maka memungkinkan kapsul antariksa Boeing dan SpaceX pada misi mendatang untuk berlabuh atau merapat di ISS.

Kate Rubbins (kiri) dan Jeff Williams sedang bersiap dengan baju astronotnya. Kredit: NASA/ESA
Sementara nanti dua astronot NASA akan melakukan spacewalk, astronot Jepang dan tiga kosmonot Rusia yang juga berada di dalam ISS akan melakukan berbagai penelitian. Astronot Jepang Takuya Onishi dijadwalkan akan melakukan eksperimen yang meneliti ekspresi gen yang berubah dan perubahan DNA pada tikus dan keturunan mereka yang hidup di luar angkasa.

Sementara kosmonot Rusia Alexey Ovchinin akan meneliti dampak mickometeoroid di luar ISS. Ovchinin juga akan bergabung dengan kosmonot Oleg Skripochka untuk mempelajari bagaimana galaksi dan radiasi Matahari mempengaruhi virus yang menginfeksi bakteri. Dan terakhir, kosmonot Anatoly Ivanishin siap menyelidiki bagaimana kristal coulomb dan cairan terbentuk oleh mackopartikel serta meneliti bagaimana jantung berdetak di luar angkasa.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan spacewalk ini, siaran langsung secara online akan dimulai sore ini pukul 17:30 WIB di NASA TV: infoastronomy.org/nasatv