Kiat Melihat Stasiun Luar Angkasa Internasional Lintasi Langit

Stasiun Luar Angkasa Internasional dipotret melalui teleskop. Kredit: Richard Srootman
Info Astronomy - Pernahkah Anda sedang mengamati langit, lalu melihat seperti sebuah bintang yang berjalan? Apakah itu meteor? Apakah itu pesawat? Bukan keduanya, yang Anda lihat mungkin Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

ISS adalah satelit buatan manusia terbesar yang berada di orbit Bumi, pembangunannya dilakukan secara bertahap sejak tahun 2000 hingga 2010, membuatnya kini selebar lapangan sepakbola. Bagi kita yang ada di permukaan Bumi, ISS akan nampak seperti bintang terang yang bergerak cepat di atas cakrawala. ISS begitu terang, bahkan dapat dilihat dari pusat kota. Tapi, bagaimana Anda tahu kapan Anda dapat melihat ISS di langit malam daerah Anda? Inilah kiatnya!

NASA memiliki program Spot The Station yang dapat Anda akses di spotthestation.nasa.gov. Program ini memungkinkan Anda untuk mendaftar dan menerima pemberitahuan kapan ISS akan terlihat dari lokasi Anda. Anda bisa mendapatkan pemberitahuan melalui email atau SMS (dikenakan biaya operator). Biasanya, pemberitahuan dikirim beberapa kali setiap bulan ketika ISS mengorbit di dekat lokasi atau Anda.

Pemberitahuan tersebut berisi informasi tentang di mana arah kemunculan ISS lengkap dengan waktu dan koordinat yang presisi. Biasanya ISS muncul saat Matahari terbenam dan Anda dapat dengan mudah menemukan arah di mana ISS akan muncul saat itu, yakni di Barat Daya atau di Barat Laut.

Selain melalui program Spot The Station dari NASA, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Heavens-Above, ISS Detector, dan sejenisnya yang dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi gawai Anda. Jika sudah tahu kapan ISS akan lewat, Anda dapat melihatnya dengan mata atau menyiapkan teleskop untuk melihatnya lebih dekat.

Sekadar info, modul pertama dari ISS diluncurkan ke orbit Bumi pada tahun 1998, sementara awal dari misi peluncuran astronot ke ISS dimulai pada tanggal 2 November 2000. Sejak saat itu, ISS telah terus dihuni oleh ratusan astronot yang bergantian mengunjunginya tiap 6 bulan sekali.

ISS berfungsi baik sebagai laboratorium yang mengorbit Bumi. ISS juga bukan milik Amerika Serikat semata, ISS adalah program kemitraan negara-negara seperti Kanada, Eropa, Jepang dan Rusia.