Ketika Bukit Pasir Di Planet Mars Membentuk Sandi Morse

Perbukitan pasir yang aneh di planet Mars. Kredit: NASA/JPL/University of Arizona
Info Astronomy - Citra terbaru yang dirilis oleh wahana antariksa Mars Reconnaissance Orbiter dengan kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) menunjukkan adanya 'sandi Morse' di permukaan Mars. Citra ini dipotret pada bulan Februari 2016.

Bentuk dan orientasi bukit pasir biasanya dapat memberitahu kita tentang arah hembusan angin, tapi di citra HiRISE, bentuk dari perbukitan pasir ini sangat kompleks, sehingga sulit untuk mengetahui sebenarnya ke mana arah hembusan angin di planet Mars.

Selain gundukan dan perbukitan pasir, citra dari HiRISE juga menunjukkan adanya sebuah permukaan yang cekung, yang mungkin sebuah kawah tua, yang nampak membatasi jumlah bukit pasir yang terbentuk akibat dipengaruhi oleh hembusan angin.

Akibatnya, bukit-bukit pasir di permukaan Mars ini berbentuk berbeda. Ada yang titik-titik, dan ada juga yan berbentuk strip, mirip sandi Morse bukan?

Seperti InfoAstronomy.org lansir dari NASA.gov, bentuk bukit pasir yang menyerupai strip adalah bukit linear yang dibentuk oleh hembusan angin. Sementara bukit pasir yang berbentuk titik-titik—yang dikenal sebagai bukit pasir barchanoid—terbentuk secara tidak sengaja ketika hembusan angin meniup pasir yang telah terbentuk menjadi bentuk strip.

Proses pembentukan ini memang tidak dipahami dengan baik saat ini dan merupakan salah satu motivasi bagi anggota tim HiRISE untuk mempelajari lebih jauh.