Menemukan Galaksi Andromeda di Langit Malam

Galaksi Andromeda (kabut putih terang di kanan gambar). Kredit: Shutterstock
Info Astronomy - Tahukah kamu? Galaksi Andromeda adalah benda langit terjauh yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun untuk melihatnya, dibutuhkan langit yang bersih, bebas polusi udara dan jauh dari lampu kota. Berikut cara menemukannya.

Sebagai permulaan, cobalah untuk memindai langit malam. Mata Anda juga perlu adaptasi dengan gelapnya malam setidaknya selama 30 menit. Jika langit sudah benar-benar gelap dan mata Anda telah berhasil beradaptasi (tidak merasa terlalu gelap lagi), Anda mungkin dapat melihat galaksi Andromeda dengan mudah.

Andromeda adalah salah satu dari sangat sedikit galaksi yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Galaksi ini sebenarnya akan lebih mudah dilihat dengan binokular (teropong), dan jika kita menggunakan teleskop kecil, galaksi ini akan memenuhi lensa mata kita. Galaksi Andromeda sendiri paling baik diamati pada rentang bulan Juli hingga November setiap tahunnya.

Namun, yang kita lihat dengan mata, binokular atau teleskop kecil itu hanyalah inti galaksi andromeda. Seperti Bima Sakti, Andromeda memiliki lengan spiral besar yang meluas keluar dari intinya. Dari Bumi, galaksi akan tampak lebih dari 3 derajat (ingat, ada 180 derajat dalam setengah lingkaran). Para astronom menggunakan ukuran sudut sebagai cara untuk mengukur seberapa besar suatu objek di langit.

Bulan adalah sekitar 0,5 derajat (sekitar selebar ibu jari), sehingga Andromeda adalah sekitar enam kali lebih besar! Jadi apa yang tampak pada gambar memang seperti itu. Mungkin memang tidak persis benar ukurannya (sempurna), tapi kurang lebih sebesar itulah galaksi andromeda jika kita dapat melihat semuanya, dan tentu saja ini adalah hal yang menakjubkan untuk dipertimbangkan.

Jadi, jangan berharap Anda bisa melihat galaksi Andromeda yang besar dan megah seperti jepretan Teleskop Antariksa Hubble di bawah ini jika hanya mengamatinya dengan mata telanjang ya.

Galaksi Andromeda. Kredit: NASA, ESA, Hubble
Jika kita lihat dari perbandingan ukuran dan jarak sebenarnya, maka Andromeda berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya atau 250 triliun kilometer jauhnya dari planet kita. Dan dari ujung galaksi ini ke ujung lainnya (diameternya) sekitar 140.000 tahun cahaya (sebagai perbandingan, Bima Sakti hanya sekitar 100.000 tahun cahaya).

Jadi meskipun 2,5 juta tahun cahaya jauhnya, galaksi Andromeda tetap terlihat lebih besar di langit kita daripada diameter sudut Bulan Purnama yang besarnya (diameternya) sekitar 3.500 km, meskipun jaraknya dari kita hanya 380.000 km.

Tapi bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan galaksi Andromeda hanya dengan melihat di langit malam yang gelap?

Era globalisasi, teknologi sudah semakin maju. Anda dapat memanfaatkan gawai yang Anda miliki untuk menemukan galaksi Andromeda. Caranya, unduhlah aplikasi peta langit pada toko aplikasi online dari sistem operasi gawai Anda, atau kunjungi tautan berikut untuk rekomendasi dari kami: http://www.infoastronomy.org/unduh

Setelah Anda telah menemukan galaksi ini lewat peta langit, cobalah menemukannya dengan mata, lalu coba lagi melihatnya dengan teropong atau teleskop. Seperti galaksi Bima Sakti kita, galaksi spiral tetangga ini penuh dengan miliaran bintang!