Komet 67P Memiliki Aroma Mirip Kacang Almond, Urine Kucing dan Telur Busuk

Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Kredit: ESA/Rosetta
Info Astronomy - Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko telah memberikan sejumlah pengetahuan yang luar biasa, ketika wahana antariksa Rosetta milik Agensi Antariksa Eropa (ESA) tiba di orbitnya pada Agustus 2014. Salah satu pengetahuan yang didapat dari penelitian komet 67P oleh Rosetta adalah, akhirnya kita mengetahui seperti apa aroma komet.

Seperti dilansir InfoAstronomy.org dari New Scientist, wahana antariksa Philae yang diterjunkan Rosetta ke permukaan Komet 67P telah menganalisis unsur kimia yang aneh pada komet berbentuk bebek tersebut. Unsur kimia yang diteliti Philae tersebut dibuatkan sampel buatannya di Bumi.

Berkat kolaborasi dari tim Rosetta, beberapa universitas dan perusahaan aroma parfum, aroma Komet 67P dapat diketahui dengan mempelajari sampel tadi. Namun, jangan berharap Anda akan mencium aroma mawar atau aroma-aroma wewangian lain, sebab ternyata Komet 67P memiliki aroma mirip kacang almond yang sangat pahit, telur busuk, bahkan juga mirip aroma urine kucing.

Anehnya, komposisi komet yang terutama terdiri uap air, karbon dioksida dan karbon monoksida, tidak ada yang benar-benar memiliki aroma yang dapat dicium oleh manusia. Namun, menurut analisis Philae, ditemukan juga kehadiran amonia (yang beraroma mirip urine kucing), hidrogen sulfida (bahan kimia yang ditemukan dalam telur busuk), dan hidrogen sianida (sesuatu yang beraroma mirip kacang almond).

Senyawa-senyawa di atas sebenarnya berbahaya untuk dihirup dalam volume yang besar. Tapi untungnya, aroma buatan dari Komet 67P di Bumi mengandung bahan kimia beracun yang secara realistis mensimulasikan aroma komet tanpa benar-benar meracuni orang-orang yang menghirupnya.

Menurut ilmuwan yang menghirup aroma komet ini, mereka mengatakan aromanya sangat agak tajam, dan siapapun yang menghirupnya akan menyesal karena merasa ingin muntah setelahnya. Ini sebenarnya bantuan besar, kemudian, bahwa kita hidup di sebuah planet di mana Petrichor - bau tanah basah setelah hujan - mendominasi hidup kita jauh lebih dari semua ini bau berbahaya cenderung.

Jika Anda ingin mencoba mencium aroma Komet 67P juga, Anda dapat hancurkan beberapa kacang almond yang sudah tua, lalu tuangkan satu sendok makan urine kucing serta telur busuk. Tapi kami rasa Anda tidak akan mau mencobanya.