Robot Curiosity Temukan Benua Australia Mini di Permukaan Mars

Batu di Mars yang sekilas mirip benua Australia. Kredit: NASA/JPL
Info Astronomy - Robot penjelajah beroda enam Curiosity milik NASA baru-baru ini telah memulai operasi ilmiah di sebuah lokasi di planet Mars yang dijuluki "Kimberly", nama yang diambil dari sebuah daerah di Australia Barat. Dan tampaknya "Kimberly" benar-benar rasa Australia setelah ditemukannya batu berbentuk salah satu benua di Bumi tersebut.

Batu berbentuk benua Australia ini difoto melalui kamera Navcam yang disematkan pada "kepala" Curiosity. Batu, yang tampaknya telah terbentuk melalui beberapa proses erosi, sempat membuat takjub para ahli geologi NASA, sebab sekilas batu tersebut memang mirip sekali dengan benua Australia.

Tentu saja, ini hanya contoh lain dari pareidolia, sebuah fenomena psikologis di mana otak kita membayangkan sesuatu yang mirip ketika melihat benda-benda dalam berbagai bentuk yang unik. Pada kenyataannya, "Australia Mini" ini hanyalah sebuah batu.

Tahun lalu, Curiosity menghabiskan waktu berbulan-bulan bekerja di area Yellowknife Bay untuk melakukan hal yang sama. Namun, misi di Kimberly akan menjadi studi yang paling luas dan intensif, yang nantinya bakal memberikan bukti kuat untuk bagaimana Mars dapat mendukung kehidupan mikroorganisme.