Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Malam Ini Hujan Meteor "Minor" Alpha Scorpiid Melesat di Langit Bumi

Bagi Anda yang memilih untuk menghabiskan akhir pekan kali ini dengan mendaki gunung, berlibur di pantai, maupun bagi Anda yang tinggal di pedesaan, Anda akan disuguhi peristiwa hujan meteor minor Alpha Scorpiid. Disebut minor karena intensitasnya yang rendah, sehingga paling cocok diamati di area minim polusi cahaya.
Hujan meteor Perseid 2013. Kredit: Mike Black
Info Astronomy - Bagi Anda yang memilih untuk menghabiskan akhir pekan kali ini dengan mendaki gunung, berlibur di pantai, maupun bagi Anda yang tinggal di pedesaan, Anda akan disuguhi peristiwa hujan meteor minor Alpha Scorpiid. Disebut minor karena intensitasnya yang rendah, sehingga paling cocok diamati di area minim polusi cahaya.

Hujan meteor α-Scorpiid alias Alpha Scorpiid akan mencapai tingkat maksimum dari aktivitasnya pada malam ini, 13 Mei 2016 sampai 19 Mei 2016. Intensitas meteor yang melesat jika Anda mengamatinya di lokasi yang gelap adalah sekitar 5 meteor per jam (ZHR). Bulan juga baru berusia 7 hari pada saat aktivitas puncak, sehingga cahayanya tidak mengganggu pengamatan.

Setiap hujan meteor memiliki titik radian, atau titik di mana seolah hujan meteor ini muncul, dan hujan meteor α-Scorpiid memiliki titik radian pada deklinasi -24°, yakni di dekat rasi bintang Scorpius. Pada tengah malam, rasi bintang Scorpius akan berkedudukan 67° di atas horizon Tenggara daerah Anda.

Tapi, Anda tidak perlu menemukan rasi bintang Scorpius, terlebih jika Anda masih awam untuk membedakan rasi bintang, sebab meteor-meteor ini nantinya akan muncul secara sporadis dari berbagai penjuru langit. Gerakan meteor yang cepat akan membuat Anda takjub ketika berhasil mengamatinya.

Oh iya, Anda tidak perlu peralatan seperti teleskop atau binokuler, sebab meteor-meteor ini nantinya akan melesat sangat cepat, sehingga penggunaan teleskop atau binokuler justru akan sangat mengganggu. Jadi, pastikan langit cerah ya, selamat berburu meteor!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.