Hubble Amati Sebuah Gugus Bintang yang Mengelilingi Galaksi Lentikular

Galaksi lentikular NGC 5308. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Sebuah citra terbaru yang dirilis Teleskop Antariksa Hubble milik NASA dan ESA menunjukkan adanya gugus bintang yang mengelilingi sebuah galaksi lentikular NGC 5308. Berbentuk seperti sarang lebah, gugus bintang tersebut terletak 100 juta tahun cahaya lebih jauh dari sang galaksi di konstelasi Ursa Major.

Galaksi lentikular adalah tipe galaksi yang berada di antara galaksi eliptis dan galaksi spiral menurut klasifikasi morfologi galaksi. Galaksi lentikular merupakan galaksi cakram (seperti galaksi spiral) yang telah menghabiskan atau kehilangan materi antarbintang mereka, sehingga galaksi tipe ini memiliki tingkat pembentukan bintang yang sangat rendah.

Galaksi ini seringkali mempertahankan debu yang cukup banyak. Hal ini mengakibatkan galaksi tipe ini pada umumnya memiliki bintang yang berusia tua. Dikarenakan lengan spiral yang tidak jelas, galaksi ini sulit dibedakan dengan galaksi eliptis.

Meskipun secara morfologi berbeda, galaksi lentikular dan galaksi eliptis berbagi sifat umum seperti fitur spektral, skala hubungan, dan keduanya dapat dianggap sebagai galaksi awal yang pasif berkembang.

Di alam semesta, secara umum galaksi lentikular sering diorbiti oleh ratusan ribu bintang yang lebih tua, yang disebut gugus bola. Gugus bola adalah kumpulan bintang yang sangat padat.