Banyak Planet Mirip Bumi yang Terlalu Panas untuk Kehidupan

Ilustrasi sistem bintang Kepler-444. Kredit: Tiago Campante
Info Astronomy - Mungkin ada jauh lebih sedikit planet yang berpotensi mendukung kehidupan di alam semesta. Menurut sebuah studi baru, sebenarnya memang banyak planet asing mirip Bumi yang mengorbit bintang katai merah di zona laik huni, tapi ternyata suhunya terlalu panas untuk kehidupan.

"Sebelumnya kami mengasumsikan banyak planet dengan massa mirip Bumi yang bisa dihuni kehidupan karena berada di zona laik huni," kata pemimpin penulis studi James Owen, dari Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey, AS. "Namun, ketika Anda mempertimbangkan bagaimana planet-planet tersebut berevolusi selama miliaran tahun, asumsi ini ternyata tidak benar."

Bintang katai merah merupakan bintang yang lebih kecil dan redup daripada Matahari. Sekitar 75 persen dari 100 miliar bintang di Bima Sakti merupakan bintang katai merah, dan banyak dari bintang-bintang ini menjadi tuan rumah bagi planet berbatu mirip Bumi di zona laik huni.

Para ilmuwan berpikir planet-planet yang mengorbit bintang katai merah tercipta dengan atmosfer tebal yang penuh hidrogen dan helium. Atmosfer yang tebal tersebut akan menjebak banyak panas, membuat planet-planet yang mengorbit bintang katai merah terlalu panas untuk kehidupan.

Tapi M dwarf adalah bintang yang sangat aktif, dan kebijaksanaan konvensional telah menyatakan bahwa radiasi yang kuat mereka akan mengusir sebagian udara tebal planet 'relatif cepat, memungkinkan suhu permukaan untuk menetap pada tingkat dihuni.

Sebuah efek rumah kaca tersebut diperkirakan bakal terjadi sepanjang masa di planet yang mengorbit bintang katai merah, membuat planet-planet ini tidak laik huni untuk jangka panjang.

Studi baru ini telah diterbitkan pada 25 Mei 2016 di Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.