Indahnya Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko dalam Siluet

Wahana antariksa Rosetta milik European Space Agency (ESA) masih aktif mengirimkan data dan citra dari komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, termasuk citra siluet terbaru ketika komet 67P membelakangi Matahari. Rosetta merupakan benda buatan manusia pertama yang berhasil mengorbit komet.
Komet 67P dipotret oleh wahana antariksa Rosetta milik ESA. Kredit: ESA/Rosetta/MPS
Info Astronomy - Wahana antariksa Rosetta milik European Space Agency (ESA) masih aktif mengirimkan data dan citra dari komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, termasuk citra siluet terbaru ketika komet 67P membelakangi Matahari. Rosetta merupakan benda buatan manusia pertama yang berhasil mengorbit komet.

Menurut data pada situs web resmi ESA, Rosetta saat ini berada pada jarak sekitar 820.000 kilometer dari inti komet 67P, yang memungkinkan wahana antariksa tersebut untuk menangkap gambar yang menakjubkan dan memberikan pandangan yang lebih baik bagi manusia dari koma dan ekor sebuah komet.

Wahana antariksa Rosetta tiba di komet 67P pada bulan Agustus 2014, dan ia juga berhasil mendaratkan robot penjelajah Philae ke permukaan komet 67P beberapa bulan kemudian. Ia memotret citra siluet di atas pada 29 Maret 2016, pada jarak sekitar 260 juta kilometer jauhnya dari Bumi.

Mengenal Rosetta

Rosetta adalah misi luar angkasa tak berawak milik ESA yang diluncurkan pada 2004 dengan tujuan menyelidiki Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Rosetta terdiri dari dua elemen utama: Wahana Rosetta dan Pendarat Philae. Wahana antariksa tersebut juga melakukan terbang lintas dan mempelajari asteroid-asteroid dalam perjalanan menuju komet 67P.

Wahana ini dinamai menurut Batu Rosetta, dengan harapan misi dapat membantu membuka kunci rahasia tentang bagaimana tata surya kita terlihat sebelum planet-planet terbentuk. Pendarat dinamai menurut pulau Sungai Nil, tempat sebuah obelisk, pengurai kode Batu Rosetta, ditemukan.

Untuk melihat citra yang dikirimkan oleh Rosetta, Anda bisa mengakses tautan berikut: http://planetgate.mps.mpg.de