VIDEO: Suasana Gelap Saat Puncak Totalitas Gerhana Matahari di Belitung

Gerhana Matahari Total. Kredit: Hugh Carrick Allan
Info Astronomy - Pada 8 hingga 11 Maret kemarin, kami menyelenggarakan tur ke Belitung untuk berburu Gerhana Matahari Total. Ini adalah artikel pertama yang Info Astronomy tulis kembali pasca-peristiwa Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Sebuah artikel berisi video bagaimana gelapnya langit saat puncak totalitas gerhana Matahari.

Video ini direkam di Pantai Burung Mandi, Belitung oleh Rizqi Maulana. Saat itu, langit cakrawala Timur memang agak berawan, namun justru awan-awan tersebut menjadi "filter" alami yang meredupkan silau Matahari sehingga pengamatan aman dilakukan tanpa kacamata Matahari.

Pada video di bawah ini, akan fokus untuk merekam suasana yang gelap ketika puncak gerhana. Terlihat juga Planet Venus di dekat gerhana tersebut. Penasaran? Tonton videonya di bawah ini.

Twilight at the morning. By Rizqi Maulana. #GMT2016