Planet Jupiter dan Bulan Akan Bertemu di Langit Malam Ini

Letak Bulan dan Jupiter pada 21 Maret 2016. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Ingin melihat Planet Jupiter? Malam ini, Bulan akan menjadi pemandu Anda untuk menemukan planet termasif di Tata Surya tersebut. Mereka berdua akan cukup berdekatan di langit, bisa diamati di seluruh Indonesia asalkan langit cerah.

Untuk menemukan mereka, sepasang benda langit ini akan terlihat di langit mulai sekitar pukul 18:45 waktu lokal daerah Anda, ketika langit sudah benar-benar gelap dan keduanya sudah lebih tinggi dari 20° di atas ufuk Timur daerah Anda.

Bulan dan Jupiter kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 23:02 waktu lokal, yakni pada ketinggian 77° di atas cakrawala Utara daerah Anda. Keduanya akan terus bisa diobservasi sampai sekitar pukul 04:30 waktu lokal, ketika mereka tenggelam ke 8° di atas ufuk Barat daerah Anda.

Pada saat pendekatan terdekat ini, Bulan akan bersinar di magnitudo -12,5, dan Planet Jupiter di magnitudo -2.5, keduanya akan bertengger di dekat konstelasi Leo. Oh iya, jika diamati dengan mata telanjang, Jupiter hanya akan nampak bagai bintang kuning keemasan yang tak berkelap-kelip, Anda butuh teleskop untuk mengamatinya lebih dekat.

Sayangnya, pasangan ini akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop, tapi tetap bisa dilihat dengan mata telanjang atau melalui binokuler kecil.

Jadi, selamat observasi!