NASA Akan Luncurkan Kargo ke Stasiun Luar Angkasa pada Rabu Pagi (23/2)

Kapsul antariksa Cygnus pengangkut kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kredit: NASA
Info Astronomy - Orbital ATK, sebuah penyedia jasa pengiriman kargo milik NASA dijadwalkan akan meluncurkan misi kelima ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Rabu, 23 Maret 2016. Peluncuran ini akan membawa hampir 3.400 kilogram perlengkapan penelitian, persediaan makanan untuk para astronot, serta perangkat keras laboratorium orbital lainnya untuk misi Ekspedisi 47 dan 48.

Perusahaan kapsul antariksa Cygnus menjadwalkan untuk meluncur menggunakan Roket Atlas V milik United Launch Alliance pada pukul 10:05 WIB (23/3) dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral Air Force Station, Florida.

Setelah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), para astronot yang ada di sana dapat melakukan percobaan ilmiah baru seperti penelitian pada sifat dan perilaku regolith, yakni sebuah "tanah" yang ditemukan di asteroid, komet dan Bulan, menggunakan instrumen baru untuk pertama kalinya. Cygnus juga akan membawa mesin cetak 3D portabel untuk para astronot.

Kapsul antariksa ini akan tiba di ISS diperkirakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 pada saat Komandan Ekspedisi 47 Tim Kopra dari NASA dan Insinyur Penerbangan Tim Peake dari ESA (European Space Agency) akan menarik Cygnus menggunakan lengan robotik ISS sekitar pukul 17:40 WIB.

Kapsul antariksa Cygnus akan tetap berlabuh (docked) di ISS hingga bulan Mei 2016 mendatang, ketika kapsul antariksa tersebut akan digunakan untuk membuang beberapa ton sampah dari ISS ke Bumi. NASA mengatakan, jika peluncuran dibatalkan karena cuaca buruk pada Rabu, 22 Maret 2016, maka peluncuran ini akan delay hingga pukul 21:40 WIB pada Kamis, 24 Maret 2016.

Ini akan menjadi penerbangan kedua ke ISS oleh kapsul antariksa Cygnus yang telah disempurnakan, yang kini memiliki modul kargo bertekanan serta berkapasitas lebih banyak.

Anda dapat menonton peluncuran ini secara langsung dari NASA TV pada tautan berikut: infoastronomy.org/nasatv