Peta 115 Megapiksel dari Planet Mars Telah Dirilis!

Salah satu peta Planet Mars yang baru dirilis. Kredit: Ordnance Survey/Flickr
Info Astronomy - Sebuah citra bernilai seribu kata, dan mungkin juga beribu-ribu data. Dr. Peter Grindrod, seorang ilmuwan Inggris yang bekerja pada misi ExoMars Eropa, telah membuat peta Planet Mars dengan resolusi 115 megapiksel!

Lembaga pemetaan Inggris, Ordnance Survey (OS), juga ikut membantu merancang peta rinci dari wilayah Barat Arabia Terra, sebuah daerah yang meliputi sekitar 10 juta kilometer persegi di permukaan Planet Merah. Peta ini mengungkapkan sejumlah hal yang mengejutkan dengan detail di Mars, dari kawah-kawahnya hingga situs pendaratan robot penjelajah di masa lalu.

Peta menunjukkan wilayah selebar 3.672 hingga 2.721 kilometer di Mars pada skala 1 banding 4 juta. Tujuannya, selain agar peta terlihat lebih bagus dan menyenangkan, hal tersebut juga untuk menunjukkan bahwa peta seperti ini mungkin berguna untuk misi masa depan.

Chris Wesson, peneliti di OS menyarankan bahwa penjelajahan Mars di masa depan mungkin memerlukan penggunaan peta seperti yang timnya rancang tersebut. Astronot Mars di masa mendatang bisa menggunakan petanya untuk menentukan lokasi di mana ia berada atau mau ke mana ia pergi di permukaan Planet Mars.

Peta secara lengkap dapat dilihat pada akun OS di Flickr. Pastikan Anda terhubung dalam jaringan wifi karena peta yang akan Anda lihat memiliki resolusi 115 megapiksel. Sebuah bagian kecil dari wilayah yang ditampilkan dalam peta ini telah terpilih sebagai lokasi pendaratan potensial untuk robot penjelajah Mars milik Eropa-Rusia, tepatnya di antara pegunungan dan lembah di arah Barat Arabia Terra.